NEWSSUMUTTABAGSEL

Pemkab Madina Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2023

Senin, 21 Maret 2022, 19:27 WIB
Last Updated 2022-03-21T12:27:17Z

Pemkab Madina Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2023.


MADINA-BERITAGAMBAR:

Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 fokus pada oftimalisasi potensi daya saing daerah melalui kolaborasi pembangunan guna meningkatkan produktivitas ekonomi.


Demikian disampaikan Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) Atika Azmi Utammy Nasution di gedung serba guna Desa Parbamgunan Panyabungan saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) RKPD Tahun 2023, Senin (21/3/2022).


“Musrembang tersebut merupakan perencanaan dengan pendekatan partisipatif yang dilaksanakan dengan melibatkan pemangku kepentingan untuk menyerap aspirasi sesuai kebutuhan pembangunan serta untuk membangkitkan rasa memiliki terhadap hasil pembangunan,” sebut Atika.


Disampaikan, Atika kalau musrembang ini merupakan tempat strategis bagi para pihak dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan tiga pilar pembamgunan, yaitu pemerintah daerah,masyarakat dan swasta/dunia usaha termasuk pokok – pokok pikir DPRD.


“Output musrembang menjadi masukan yang penting dalam merumuskan dan menyempurnakan rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang akan dijadikan acuan atau pedoman dalam menyusun Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Tahun 2023 serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2023,” katanya.


Menurutnya, musrembang merupakan momen penting menyatukan pola pikir dan aspirasi dari berbagai unsur pelaku pembangunan dan mengintegrasikannya dengan berbagai bidang unsur pemerintahan, baik urusan wajib maupun urusan pilihan serta yang bersifat sektoral dan lintas sektoral dari propinsi maupun pusat.


“Kita menyadari kualitas keterpaduan perencanaan sangat menentukan capaian kinerja pembangunan, undang – undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) mencerminkan komitmen pemerintah terhadap pentingnya proses perencanaan sebagai pedoman atau rujukan dalam pembamgunan,” sebutnya.


Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Madina, Erwin Efendi Nasution, Kapolres Madina, AKBP HM Reza Chairul AS, Sekdakab Madina, Gozali Pulungan, Asisten I, Alamulhaq Daulay, Asisten II, Erman Gappar, Asisten III, Syahnan Batubara dan pimpinan OPD Pemkab Madina.Sejumlah OPD Pemkab Madina Ikuti RKPD Tahun 2023


TRENDINGMore