NEWSPETERNAKANSUMUT

Kota Tebingtinggi Belum Temukan PMK Ternak

Sabtu, 14 Mei 2022, 15:08 WIB
Last Updated 2022-05-14T08:08:55Z

Kanit Binmas Polsek Dolok Merawan Polres Tebing Tinggi Aiptu Irwadi bersama personil Bhabinkamtibmas Bripka L.K Sinulingga saat mengecek kandang ternak sapi milik warga.


TEBINGTINGGI-BERITAGAMBAR :

Meski wabah penyakit mulut dan kaki (PMK) yang diketahui menjangkiti ternak sapi saat ini tidak menular kepada manusia, namun perlu hati-hati karena bisa menular kepada hewan lainnya dengan cepat.


Kanit Binmas Polsek Dolok Merawan Polres Tebing Tinggi Aiptu Irwadi bersama personil Bhabinkamtibmas Bripka L.K Sinulingga saat melakukan pengecekan dan memberikan edukasi kepada pemilik ternak di Dusun III Desa Pabatu Kecamatan Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu (14/5/2022).


Saat melakukan pengecekan ke salah satu kandang sapi milik salah seorang warga, Putra, yang memiliki 3 ekor sapi di kandangnya, dia mengaku lembu yang digembala dalam keadaan sehat, meski demikian disampaikan kepada pemilik ternak agar terus memantau kesehatan ternaknya, apabila ditemukan tanda- tanda yang mencurigakan ke arah Penyakit PMK agar memberitahukan kepada Bhabinkamtibmas maupun Pihak Desa untuk ditindaklanjuti kepada pihak terkait.


Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Ketapang) Kota Tebing Tinggi, Marimbun Marpaung menyebutkan belum ada ternak sapi yang terserang penyakit PMK di Tebing Tinggi. "Kami akan terus berkoordinasi dengan semua pihak untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap penyebaran PMK tersebut,” katanya.


Dikatakan, tindak lanjut dari koordinasi ini, Kadis, Kasat Reskrim dan Kasat Intelkam akan melaksanakan Rakor bersama instansi terkait, guna mengantisipasi dan melakukan sosialisasi kepada para peternak sapi di Tebing Tinggi.


Penyakit PMK yang menyerang hewan ternak sapi ciri-cirinya demam tinggi, pembengkakan kelenjar di bawah rahang sekitar mulut, muncung, gusi, kuku melepuh, mulut berbusa. Sebagian muncul luka melepuh di lidah dan rongga mulut. Pincang, luka pada kaki dan diakhiri lepasnya kuku dan sapi tidak mau makan.


Tanda lainnya adalah, gemetar dan sulit berdiri, bernafas dengan cepat dan menular sangat cepat dan terjadi penurunan berat badan. "Penyakit PMK tidak menular pada manusia," jelasnya.(BG/TT)



TRENDINGMore