MEDANNEWSPERISTIWA

Air Pasang Laut Kembali Daerah Pesisir Medan Belawan

Senin, 13 Juni 2022, 11:03 WIB
Last Updated 2022-06-13T04:03:07Z

Air pasang laut melanda daerah pesisir Medan Belawan, beberapa waktu lalu.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Banjir rob (air pasang laut) kembali menerjang pemukiman masyarakat dengan ketinggian mencapai 2,7 meter dari permukaan laut. Warga yang bermukim di kawasan pesisir diminta untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama terhadap balita dan anak-anak.


"Tingginya air laut akibat adanya aktivitas pasang air laut dan penomena alam lainya yang dapat mempengaruhi bajirr pesisir," kata Prakirawan Stasiun Meterologi Maritim Belawan, Dasman Sulviani, Senin (13/6).


Dikatakannya, banjir rob akan berdampak terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas masyarakat serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari banjir rob, serta memperhatikan informasi cuaca ekstrem dari BMKG. Sehingga, sesuatu yang tidak diinginkan dapat dicegah lebih dini, agar tidak terjadi musibah dari banjir rob tersebut.


Banjir rob pada bulan ini terjadi sejak 11 Juni 2022 dengan ketinggian 2,4 meter dari permukaan laut dan puncaknya terjadi pada 14 hingga 16 Juni 2022 dengan ketinggian air 2,7 meter pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB dan berakhir surut pukul 18.00 WIB.


Sebelumnya, Ketua Forum Anak Belawan Bersatu, Kharil Chaniago mengeluarkan seruan aksi terkait banjir rob yang menimpa kawasan pesisir Belawan. Dalam seruan aksi yang berlangsung pada 16 Juni 2022 mendatang diajak masyarakat untuk melakukan parade orasi terkait banjir rob, aksi masak bersama dan makan bersama serta pembacaan tuntutan aksi.





TRENDINGMore