NEWSPERISTIWASUMUT

Gempa Landa Sibolga

Kamis, 02 Juni 2022, 12:37 WIB
Last Updated 2022-06-02T05:37:31Z

Ilustrasi catatan gempa.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Wilayah Pinangsori-Sibolga dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik, Kamis (2/6), pukul 07:26:40 WIB.


Kepala BBMKG Wilayah I Medan Darmawan, mengatakan hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,2.


Episenter terletak pada koordinat 1.66 LU dan 99.18 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km Barat Laut Tapanuli Selatan-Sumut pada kedalaman 2 kilometer.


“Jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar Toru,” katanya.


Ia mengatakan dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pinangsori-Sibolga skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).


Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. “Hingga pukul 07:55 WIB, hasil monitoring BMKG tidak ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” ujarnya.


Ia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(BG/MED)





TRENDINGMore