NEWSPERISTIWASUMUT

Korlantas Targetkan Pelat Nomor Putih Mulai Digunakan Pertengahan Juni

Kamis, 02 Juni 2022, 06:32 WIB
Last Updated 2022-06-01T23:32:52Z

 

Ilustrasi plat nomor kendaraan bermotor.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menargetkan penerapan pelat nomor dengan dasar warna putih pada kendaraan pada pertengahan bulan depan.


Kepala Subdirektorat STNK Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korlantas Polri Kombes Pol M Taslim Chairuddin menjelaskan bahwa material tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) itu sudah akan mulai didistribusikan ke Polda jajaran pada awal Juni 2022.


"Material TNKB sudah selesai, masih dalam proses produksi, diperkirakan material sudah bisa kami distribusikan ke jajaran di awal Juni.


Dengan perkiraan nanti di pertengahan Juni saya maksimal itu penggunaan material TNKB warna dasar putih tulisan hitam itu sudah mulai bisa digunakan," kata Taslim kepada wartawan, Jumat (31/5).


Pada awal pelaksanaan itu, lanjutnya,. tidak semua kendaraan bisa mendapat nomor pelat baru tersebut.


Kepolisian bakal mengutamakan kendaraan baru dan yang telah habis masa berlaku lima tahunannya untuk diganti menjadi pelat baru.


"Kendaraan nanti yang daftar baru datang ke kantor yang membutuhkan TNKB karena materialnya sudah menggunakan spesifikasi baru tentu kita akan berlakukan demikian yang perpanjangan STNK lima tahunan otomatis TNKB-nya habis masa berlakunya," jelasnya.


Adapun perubahan warna pelat itu merujuk pada Peraturan Kepolisian Republik Indonesia (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.


Pada Pasal 45 ayat (1) huruf a dijelaskan bahwa TNKB nantinya akan berwarna putih dengan tulisan hitam untuk kendaraan perseorangan, badan hukum, perwakilan negara asing, ataupun badan internasional.


Polisi mengklaim perubahan warna pelat itu dilakukan untuk mengefektifkan penerapan electronic traffic law enforcement (ETLE).


Sebagai informasi, Korlantas juga menyatakan bahwa proses lelang untuk pengadaan pelat putih itu telah rampung. Penerapan akan mulai dilakukan pada Juni 2022.



TRENDINGMore