MEDANNEWSPERISTIWASUMUT

Jalan Platina 1 Menuju KIM Rusak Parah

Sabtu, 04 Juni 2022, 14:21 WIB
Last Updated 2022-06-04T07:21:31Z

Jalan Platina 1 Lingkungan 16 yang kerap dintasi warga dengan kendaraan bermotor menuju pintu Tol Mabar dan KIM kondisinya sangat memprihatinkan.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Jalan Platina 1 Lingkungan 16, Kelurahan Titipapan, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, kondisinya sangat sulit dilalui kenderaan, terutama rodak dua, karena rusak parah dan sering tergenang air hujan karena saluran drainase tidak baik. Hampir sepanjang jalan penuh lubang.


Namun, meski sudha lama rusak, hingga kini belum juga diperbaki pihak Dinas Sarana dan Prasarana PU Pemprovsu.


Rusaknya jalan alternatif menuju pintu tol Mabar dan Kawasan Industri Medan (KIM) sudah berlangsung setahun lebih. 


Pantauan wartawan ketika melintas di lokasi, Sabtu (4/6/2022), tampak sejumlah kendaraan yang melintas di jalan tersebut kewalahan, sebab, banyak lubang berair yang mengancam keselamatan pengemudi kendaraan.


Rusdi (40), warga Medan Marelan yang ditemui di lokasi jalan becek tersebut mengatakan, jalan itu merupakan jalur alternatif bagi masyarakat Marelan dan Belawan menuju ke KIM dan Tol Mabar. 


Selain ruas jalan itu rusak, saluran drainase di sisi kiri dan kanan jalan tersebut tidak berfungsi. Akibatnya, air hujan turun tergenang di badan jalan, karena air tidak dapat mengalir ke drainase.


"Saya berharap jalan alternatif yang setiap hari dilalui para karyawan yang akan bekerja di KIM dapat segera diperbaiki secara permanen oleh pemerintah propinsi maupun Pemko Medan. Sebab, sebagian ruas jalan itu sudah dibangun secara permanen, hanya sisa sekitar 500 meter belum dibangun di jalan yang becek itu. ecara permanen telah rusak," ujar Rusdi yang juga diamini sejumlah pengguna Jalan Platina 1, Medan Deli.


Dalam beberapa hari ini hujan turun jalan tersebut kerap tergenang banjir, karena drainase yang tidak berfungsi. Warga di sana berharap ada perhatian.


"Saya lewat di sini sering sekali. Kalau jalan ini rusak, sudah pasti mengganggu pereknomian. Bahkan, banyak yang melintas jalan ini sebagai jalan alternatif. Bagaimana kita mau aman jalan di sini, kalau jalannya rusak digenangin banjir, tapi tak kunjung diperbaiki,” ujar Parianto (43) warga Klumpang yang selalu naik sepeda motor ke KIM melalui Jalan Platina 1, karena dekat dengan tempat tinggalnya.(BG/MED)



TRENDINGMore