NEWSPERISTIWASUMUT

Tiga Unit Rumah Papan Terbakar di Pasar Laguboti

Selasa, 28 Juni 2022, 00:18 WIB
Last Updated 2022-06-27T22:24:37Z

Tiga rumah semi permanen terbakar di pasar Laguboti Kabupaten Toba.


TOBA-BERITAGAMBAR :

Tiga unit rumah papan hangus terbakar dilahap si jago merah di Jalan Patuan Anggi, Pasar Laguboti, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Senin (27/6) sekira pukul 17.00 WIB.


Diketahui, Ketiga korban adalah Mangasi Parluhutan Sitinjak (50) Lisbet Sibarani, dan Siswadi.


Dari keterangan salah satu korban, Mangisi Parluhutan Sitinjak, satu unit rumah merupakan rumah tinggal yang dihuni keluarga Lisbet Sibarani bersama dua anaknya, satu unit merupakan gudang Siswandi dan satu unit lagi digunakan gudang sembako dan kelontong milik Mangisi.


“Gudang saya berisi sembako dan barang kelontong. Pas kejadian saya sedang di rumah yang berada 30 meter dari lokasi kejadian. Kejadiannya begitu cepat, hanya berkisar 30 menit ke tiga bangunan langsung hangus. Saya sudah menyewa rumah tersebut untuk dijadikan gudang 10 tahun lebih,” pungkas Mangisi.


Baik Mangisi dan kedua korban lainnya mengaku tidak ada barang yang bisa di selamatkan. Mereka pun berharap ada bantuan nyata dari pemerintah.


Korban lainnya, Lisbet Sibarani yang sehari-harinya berjualan jus di Simpang Empat Laguboti hanya bisa pasrah saat menyaksikan seisi rumahnya rata dengan tanah. Janda dua anak yang baru ditinggal meninggal suaminya itu, kini terpaksa tinggal sementara di tenda pengungsi yang akan dibangun oleh Sinas Sosial.


“Saya lagi jualan jus di Simpang empat, lalu ada warga yang datang berlari memberitahu kalau rumah kami katanya kebakaran. Seketika saya dan anak-anak langsung lari ke lokasi. Waktu kami tiba, kondisi api sudah sangat besar. Waktunya sangat singkat dan seketika sudah rata dengan tanah,” ujarnya sembari berurai air mata.


Plt.Kasatpol PP, Harianto Butarbutar kepada Wartawan mengatakan, sumber api kemungkinan karena adanya kontak arus pendek.


“Kejadian sekira pukul 17.00 Wib. Dugaan sementara karena kontak arus pendek, sebab dua bangunan merupakan gudang. Untuk mempercepat pemadaman, kita menurunkan 4 unit Damkar, 3 dari Balige dan 1 unit Damkar dari Porsea. Kita bersyukur api berhasil dipadamkan sebelum sempat menyebar ke ruko di sisi kiri dan kanan bangunan. Sementara kerugian ditaksir ratusan juta rupiah,” tutur Harianto.


Seluruh korban langsung dievakuasi ke Kantor Kelurahan Laguboti. Bupati Toba, Poltak Sitorus mengunjungi korban dan memberikan Boras Si Pir Ni Tondi (Beras yang diletakkan di atas kepala sebagai tradisi budaya Batak untuk menguatkan jiwa seseorang yang mengalami dukacita maupun sebaliknya) kepada seluruh korban.


“Semoga amang dan inang tetap kuat menghadapi cobaan ini dan untuk sementara, saya sudah koordinasikan kepada Dinas Sosial, BPBD dan Camat untuk mempersiapkan segala yang dibutuhkan dalam kondisi darurat ini,” ujar Poltak.

TRENDINGMore