BUDAYANEWSSAMOSIR

2-3 Juli 2022, Toga Sijabat Gelar Pesta Sombu Sihol

Jumat, 01 Juli 2022, 09:55 WIB
Last Updated 2022-07-01T02:55:13Z

 

PPTS se-Indonesia, akan menggelar pesta syukuran dan Sombu Sihol di Samosir, Sabtu-Minggu (2-3/7/2022).

SAMOSIR-BERITAGAMBAR:

Punguan Pomparan Toga Sijabat (PPTS) se-Indonesia akan menggelar kegiatan budaya Batak dengan judul Marsombu Sihol dan Syukuran PPTS Se-Indonesia di Kompleks Tugu Toga Sijabat, Huta Lumban Sijabat Desa Garoga Sitobu Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sabtu-Minggu (2-3/7/2022)


Hal itu disampaikan Ketua Umum PPTS, Barmen Sijabat, Jumat 1/7) melalui pesan WhatsApp.


"Selama Dua hari, PPTS akan menggelar pesta syukuran dan Sombu Sihol (melepas rindu-red) sesama keturunan Marga Sijabat dengan dirangkai penampilan atraksi seni Budaya Batak di Sitobu Ambarita dari 2-3 Juli ini," ujar Barmen Sijabat. 


Tujuan kegiatan adalah meningkatkan solidaritas dan persaudaraan keturunan Marga Sijabat. Selain itu juga memperkenalkan budaya Batak sehingga dengan demikian akan memberikan dampak yang positif bagi pekembangan budaya Indonesia secara umum dan budaya Batak, secara khusus keluarga Sijabat yang sudah ratusan ribu orang tersebar di dunia,” ujarnya.



Aara Marsombu Sihol dan Syukuran PPTS nanti akan dimulai dengan acara adat makan bersama dengan peserta yang hadir diiringi "mangalap tua ni gondang".


"Kemudian dilanjutkan tortor suhut na marhaha maranggi dilanjutkan dengan acara hiburan.


Hari kedua, Minggu 3 Juli akan digelar perayaan ulang tahun PPTS sembari pengukuhan dan pelantikan pengurus PPTS wilayah. (BG/TS)



TRENDINGMore