NEWSPERISTIWASUMUT

Empat Rumah Terbakar di Tapanuli Utara

Kamis, 14 Juli 2022, 11:46 WIB
Last Updated 2022-07-14T04:46:06Z

 

Empat rumah terbakar di Tapanuli Utara.

TAPUT-BERITAGAMBAR :

Sebanyak 4 unit rumah semi permanen di Kelurahan Partali Toruan, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara Sumatera Utara, ludes terbakar hingga rata dengan tanah, Rabu ( 13/7) sekira pukul 16.45 WIB.



Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun kerugian material diperkirakan mencapai Rp 300 juta lebih.


Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi SIK. MH Melalui Kasi Humas Aiptu W. Baringbing membenarkan peristiwa kebakaran tersebut.


"Keempat rumah warga yang terbakar, terbuat dari kayu dan posisinya berdekatan sehingga api dengan cepat merambat dan menghanguskan seluruh isi rumah," kata Barimbing.


Kata Barimbing, pemilik rumah yang terbakar, yaitu Jakkon Silaban (53), warga Air Panas Hutabarat, Kelurahan Partali Toruan, Kecamatan Tarutung. Tiga unit rumah yang terbakar merupakan milik Jakkon Silaban, ditambah satu rumah lagi milik Asima Nainggolan (40), warga yang sama.


Barimbing menyampaikan, berdasarkan keterangan saksi Cristina Hutabarat (49), istri dari Jakkkon Silaban, setelah melalui interogasi di tempat kejadian perkara (TKP) menyampaikan, api pertama kali bersumber dari rumah ke-3 miliknya dari salah satu kamar belakang.


Saksi, saat itu sedang berada di rumah pertama yang ditempatinya sehari-hari. Melihat api di rumahnya yang ke tiga di kamar belakang, saksi lalu berteriak minta tolong. Kemudian menantunya Erikson Nainggolan (40), langsung keluar dari rumah kedua milik mertuanya karena saat itu sedang datang berkunjung dari Kabupaten Samosir.


Mendengar teriakan saksi, warga pun berdatangan mencoba menolong dengan memadamkan api namun tidak sanggup sehingga api semakin membesar.


Ke empat rumah yang terbakar posisinya rapat dan dindingnya terbuat dari kayu, sehingga api dengan cepat merambat dan menghanguskan rumah tersebut beserta isinya.


Setelah satu jam kemudian, mobil damkar pemkab Taput tiba di lokasi kejadian sehingga api busa dipadamkan dan tidak merembes ke rumah lain.


Saksi menambahkan , ketiga rumahnya yang ludes terbakar selama ini yang ditempatinya hanya 1 unit sedangkan 2 unit lagi kosong dan dibuat untuk tempat persinggahan anak-anaknya saat datang berkunjung.


Sedangkan rumah milik Asima Nainggolan, yang juga ikut terbakar saat itu sedang kosong karena baru di tinggalkan orang yang mengontrak rumah tersebut.


"Saat ini tim Inafis Polres Taput sudah melakukan olah TKP untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut secara pasti," kata Barimbing.(BG/TU)

TRENDINGMore