NEWSPERISTIWASUMUT

UPDK PLN Pandan Dan Parhobas Tano Batak Nauli Sosialisasi Penerapan Bank Sampah

Jumat, 08 Juli 2022, 14:59 WIB
Last Updated 2022-07-08T08:02:51Z

Parhobas Tano Batak Nauli (PTBN) sosialisasi penerapan Bank Sampah di Tapteng.


TAPTENG-BERITAGAMBAR : 

Parhobas Tano Batak Nauli (PTBN), menyosialisasikan penerapan Bank Sampah di Kelurahan Sihaporas Nauli Pandan, Tapanuli Tengah (Tapteng), Kamis (7/7).


Ketua PTBN Arni Mariani Siringo-ringo Jumat (8/7) mengatakan, kegiatan sosialisasi itu bekerjasama dengan UPDK PLN Pandan itu menggandeng sejumlah nara sumber pegiat lingkungan.

Sosialisasi penerapan Bank Sampah di Tapteng 


“Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berbasis Ekonomi Kreatif & Pengenalan Bank Sampah merupakan program PTBN Peduli Lingkungan , terlebih lagi wilayah Tano Batak untuk senantiasa menunjang kemajuan sektor pariwisata dengan tetap memperhatikan kebersihan lingkungan,” papar Arni Mariani.


Pegiat Lingkungan Hidup Fatmawati Lubis menyebutkan, selama masih ada kehidupan maka sampah akan selalu ada. “Sampah meningkat sesuai pertambahan penduduk dengan model gaya hidup. Untuk itu perlu diberikan edukasi yang tepat mengenai cara memilah sampah dan penempatan sampah ke tempatnya,” ujarnya.


Kemudian pembicara Rena Arifa Simbolon MSi, Relawan Eco Enzyme Indonesia menuturkan, semua sampah organik basah bisa dijadikan eco enzyme terutama kulit buah dan tangkai sayur daripada dibuang jadi sampah.


“Diharapkan semua sampah rumah tangga untuk organik basah jangan dibuang, tapi dapat dikumpulkan lalu di jadikan eco enzyme. Ini salah satu cara kita menggurangin sampah rumah tangga,” sembari memamerkan eco enzyme dalam botol kemasan di hadapan peserta.


Tampak hadir dalam sosialisasi bank sampah itu Perwakilan PT PLN (Persero) Unit Induk (UIKSBU) Sastro Ulya Romadhon, Manager PLN UPDK Pandan Aries Indrianto Elisa.


MB Keuangan dan Umum Khoirul Harahap bersama staf lainnya, Lurah Sihaporas Nauli, Dyna Yanti Manalu didampingi perangkat kelurahan serta kepala lingkungannya dan Tokoh Masyarakat, kepengurusan PTBN.


Khoirul Harahap menjawab wartawan usai kegiatan mengatakan Sosialisasi Bank Sampah ini perwujudan program PLN Peduli degan menyalurkan CSR dari perusahaan untuk menopang kemajuan Destinasi Wisata sebagai wujud kepedulian peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.


Pada bagian lain, Lurah Sipahoras Nauli mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diterima warganya dari PT PLN (Persero) yang dilaksanakan PTBN. “Kedepannya jalinan kerjasama dengan PTBN dapat berkelanjutan hingga terbentuknya kepengurusan pengelola Bank Sampah,” harapnya.


Sosialisasi itu diakhiri dengan penyerahan berbagai macam bantuan berupa peralatan kerja untuk mengelola Bank Sampah, serta bantuan bahan baku untuk menghasilkan eco enzyme.(BG/REL).

TRENDINGMore