NEWSPERISTIWASUMUT

Atap Terowongan PLTA Batangtoru Runtuh, 1 TKA Asal Tiongkok Tewas

Senin, 22 Agustus 2022, 07:27 WIB
Last Updated 2022-08-22T00:27:18Z

 

Atap terowongan PLTA Batangtoru runtuh, 1 TKA asal Tiongkok Tewas. Tampak Pintu masuk terowongan proyek pembangunan PLTA Batangtoru. 


TAPSEL-BERITAGAMBAR : 

Untuk kesekian kalinya, proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di aliran sungai Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan kembali menelan korban jiwa.


Kali ini seorang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok, Wang Jian (52) meninggal dunia setelah tertimbun material reruntuhan atap terowongan di Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Minggu (21/8/20220).


Kapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni kepada wartawan membenarkan kejadian tersebut. Peristiwa ini berawal saat korban dan timnya sedang melakukan pemasangan rambu tanda atap runtuh.


“Di terowongan itu akan ada kerja peledakan memakai dinamit. Namun, peledakan masih belum dilakukan tetapi sudah ada atap terowongan yang runtuh di empat titik,” kata Kapolres Tapsel.


Korban Wang Jian bersama timnya masuk ke dalam terowongan untuk memasang rambu tanda adanya atap runtuh. Pada saat bekerja di titik pertama yang berjarak sekitar 200 meter dari pintu terowongan, tiba-tiba atap runtuh kembali.


Naas bagi korban Wang Jian yang berada di atas kendaraan. Dia tertimpa runtuhan atap hingga terjatuh dan mengalami banyak luka. Bahu memar dan lecet, hidung robek, lutut lecet, jari kaki kiri dan kanan luka.


Selanjutnya teman korban melaporkan kejadian itu dan regu pertolongan segera meluncur ke lokasi. Korban dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sipirok, namun meninggal dunia saat masih dalam perjalanan. 


“Kita lakukan olah TKP dan mintai keterangan saksi. Jenazah sudah di kamar mayat RSUD Sipirok. Sekarang kita menungg hasil konfirmasi pihak perusahaan kepada keluarga korban di China, apakah perlu dilakukan autopsi,” jelas AKBP Imam Zamroni.


Manajemen PT. North Sumatera Hydro Energy (NSHE) selaku perusahaan pemilik PLTA Batangtoru belum bisa menjawab konfirmasi wartawan. Alasannya, masih mengumpulkan keterangan tentang kejadian sebenaranya. 


Sebelum ini, belasan nyawa melayang di berbagai kejadian pada Proyek Strategis Nasional pembangunan PLTA Batangtoru. Antara lain Zhan Guochun (41) seorang tenaga ahi teknik terowongan dari China yang tewas dihantam kayu yang meluncur bersama longsoran tanah. (BG/TS)




TRENDINGMore