NEWSPERTANIANSUMUT

Tim PPL Dinas Pertanian Karo Ajak Petani Aplikasikan POC Dan PSB

Selasa, 09 Agustus 2022, 10:24 WIB
Last Updated 2022-08-09T03:24:19Z

Tim PPL Dinas Pertanian Karo Ajak Petani Aplikasikan POC Dan PSB.


KARO-BERITAGAMBAR :

Tim Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dinas Pertanian Kabupaten Karo mengajak dan mengedukasi Kelompok Wanita Tani Mandiri 1 Desa Ujung Sampun, Kecamatan Dolat Rayat, Kabupaten Karo untuk mengaplikasikan Pupuk Organik Cair (POC) dan Photosynthesis Bacteria (PSB) atau bakteri fotosintesis, Senin (8/8).


Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Karo Ajaren Sinuraya mengatakan hal itu dilakukan guna mencari alternatif di tengah naiknya harga pupuk dan untuk mengurangi biaya produksi pertanian tanpa mengurangi kualitas dan kuantitasnya.


“Dapat saya jelaskan bahwa kami telah melakukan pelatihan kepada kelompok tani di sembilan kecamatan di Kabupaten Karo, jadi ini merupakan pengaplikasian dari hasil pelatihan yang telah kami buat untuk kelompok tani agar nantinya petani bisa lebih efisien dalam penggunaan pupuk,” jelas Ajaren.


Ajaren mengimbau kepada seluruh kelompok tani agar dapat menerapkan pembuatan POC dan PSB, sehingga nanti kebutuhan pupuk anorganik dapat dikurangi dengan pemanfaatan pupuk organik.


Sementara itu Hannalinda Beru Tarigan, salah satu Tim PPL Dinas Pertanian Karo di Kecamatan Dolat Rayat menjelaskan bahwa pembuatan pupuk organik dapat dilakukan dengan mudah dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah ditemukan.


“Ini sangat mudah sekali, karena bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pupuk organik ini mudah didapatkan terutama di Kabupaten Karo,” Kata Hanna.


Tambahnya lagi, dalam situasi saat ini dimana harga pupuk anorganik bisa mencapai Rp900.000 per sak atau per 50 Kilogram, penggunaan pupuk organik dianggap jauh lebih murah dan efisien, karena bahan-bahan yang digunakan berasal dari buah-buahan dan sayuran yang cukup murah dan dapat ditemui dimanapun.


Di momen yang sama, Yenni Shinta Beru Tarigan selaku ketua Kelompok Wanita Tani Mandiri 1 Ujung Sampun mengucapkan banyak terimakasih kepada Tim PPL Dinas Pertanian Karo yang telah melakukan tugasnya dengan baik.


Bukan hanya kali ini, Yenni mengaku sangat terbantu dengan hadirnya Tim PPL Dinas Pertanian dalam mengedukasi petani di Kabupaten Karo. Menurutnya, saat ini petani di Desa Ujung Sampun sudah lebih baik lagi dalam mengelola pertanian dengan hasil yang cukup memuaskan.(BG/TK)

TRENDINGMore