NEWSPENDIDIKANSUMUTTABAGSEL

158 Mahasiswa Pascasarjana UIN Syahada Sidimpuan Ikuti PBAK

Sabtu, 24 September 2022, 16:58 WIB
Last Updated 2022-09-24T09:58:19Z

 

Rektor UIN Syahada Padang Sidimpuan, Dr.H.Muhammad Darwis Dasopang MAg memberikan arahan kepada mahasiswa Pascasarjana yang mengikuti PBAK Pascasarjana UIN Syahda Padang Sidempuan, Sabtu (24/9). 

P.SIDEMPUAN-BERITAGAMBAR : 

Sebanyak 158 mahasiswa baru Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Ali Hasan Ahmad Addari (Syahada) Padang Sidimpuan ikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun Akademik 2022/2023, Sabtu (24/9). 


Pelaksanaan PBAK UIN Syahada yang digelar di Auditorium UIN Syahada, Jl.HT.Rizal Nurdin, Padang Sidempuan ditandai dengan penyerahan buku panduan PBAK secara simbolis kepada mahasiswa Pascasarjana oleh Rektor UIN Syahada Padang Sidimpuan Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag


Ketua Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Pascasarjana UIN Syahada Padang Sidimpuan yang juga sebagai Ketua Panitia, Dr.Mohd. Rafiq S.Ag, MA sebagai ketua Panitia mengatakan jumlah mahasiswa Pascasarjana Tahun Akademik 2022/2023 sebanyak 158 dari lima prodi. "Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yakni 30 persen lebih," ucapnya. 


Dijelaskan ,158 mahasiswa Pascasarjana yang mengikuti PBAK tersebut terdiri dari Prodi Pendidikan Agama Islam 60 Orang, Prodi Ekonomi Syariah 40 orang, Prodi Hukum Keluarga Islam 20 orang, Prodi Komunikasi Penyiaran Islam 8 orang dan Prodi Tadris Matematika 30 orang.


Sebagai pemateri dalam kegiatan PBAK itu yakni Wakil Rektor I UIN Syahada Padang Sidimpuan Dr. Erawadi M.Ag dengan materi 'Pengenalan Budaya Akademik dan Kampus UIN Syahada Padangsidimpuan.


Kemudian, Walil Rektor II Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag dengan materi 'Pengenalan Budaya Kemahasiswaan di Kampus UIN Syahada Padangsidimpuan' dan Direktur Perpustakaan UIN Syahada Padangsidimpuan Yusri Fahmi S.Ag, M.Hum dengan materi 'Pengenalan Perpustakaan dan digital library UIN Syahada Padangsidimpuan. 


Rektor UIN Syahada Padang Sidimpuan, Dr.H.Muhammad Darwis Dasopang MAg mengatakan mahasiswa dan dosen harus mampu berinteraksi dengan baik serta terus mengembangkan diri untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan, baik dikalangan mahasiswa maupun dikalangan dosen. "Kenali diri dan terus perluas wawasan," ujar Rektor. 


Rektor mengungkapkan bahwa UIN Syahada Padang Sidimpuan saat ini masih dalam pembenahan. "Perubahan logo maupun terkait administrasi masih dalam pembenahan serta perbaikan sarana dan prasarana sedang berjalan, semoga semuanya berjalan lancar," ungkapnya.


Direktur Pascasarjana UIN Syahada, Dr.H.Fatahuddin Azis Siregar, M.Ag juga menegaskan bahwa kegiatan PBAK tersebut sangat penting guna untuk menambah wawasan terkait budaya kelas dan bagaimana proses belajar mengajar. 


"Kegiatan PBAK ini tidak hanya sebagai media silaturahmi saling kenal antara mahasiswa dan dosen tapi juga lingkungan kampus ini harus benar-benar tidak asing bagi mahasiswa, apalagi perpustakaan yang saat ini pelayanan lebih canggih melalui digitalisasi," katanya.(BG/PSP). 







TRENDINGMore