NEWSSUMUTTABAGSEL

Bupati Tapsel Dorong BMKT Bentuk Koperasi Syariah

Rabu, 21 September 2022, 16:16 WIB
Last Updated 2022-09-21T09:16:53Z

 

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu dan ketua TP PKK Rosalina Dolly Pasaribu foto bersama dengan lansia Desa Sihuik-huik, Kecamatan Angkola Selatan dan sekitarnya.

TAPSEL-BERITAGAMBAR :

Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu dorong jamaah Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Nurul Hidayah Kecamatan Angkola Selatan bentuk Koperasi Syariah maupun Baitul Maal Wattamwil untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.


"Saya melihat peluang Tapsel kaya akan sumber daya alam yang dapat dijadikan produk-produk khas daerah sehingga diharap dapat meningkatkan ekonomi anggota pengajian," ujar Bupati didampingi Ketua TP PKK Tapsel Rosalina Dolly Pasaribu saat menghadiri pengajian Akbar BKMT Nurul Hidayah Desa Sihuik-huik, Kecamatan Angkola Selatan, Selasa (20/9) sore.


Menurut Bupati, jika dua hal itu dibentuk, maka programnya akan efektif. Katanya, jika Rp500 atau 1.000 dikumpulkan di wadah Koperasi Syariah maupun Baitul Maal Wattamwil maka akan dapat dimanfaatkan untuk hal hal yang produktif.


Dia mencontohkan, membiayai usaha jamaah yang membuka usaha kedai nasi misalnya, atau keripik ubi atau usaha halal lainnya. Kemudian pengawasan juga dari jamaah BKMT lainnya atau dari keluarga jamaah yang sudah memperoleh pelatihan.


"Program ini dari jamaah, oleh jamaah, dan untuk jamaah BKMT sendiri. Selain itu juga mendapat ilmu agama, menambah kesejahteraan para anggota," terangnya Bupati.


Sementara Ketua TP PKK Tapsel Rosalina Dolly Pasaribu dalam kesempatan itu menyempatkan diri untuk mengingatkan jamaah BKMT yang sedang memasuki usia kehamilan agar rutin memeriksakan kandungannya ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) terdekat. Dia juga menghimbau agar para suami turut mendampingi istrinya yang hamil agar diperiksa ke Posyandu.


Pengajian Akbar yag berlangsung di Desa Sihuik-huik itu dirangkai dengan penyerahan sembako kepada para lansia yang ada di wilayah itu. Turut mendampingi Bupati, Kadis Sosial, Kadis PP dan PA, Kabag Kesra, Ketua DWP Tapsel, Pengurus TP PKK, Forkopimcam, pimpinan PT ANJ Siais dan Ketua MUI Kecamatan.(BG/TS)




TRENDINGMore