KESEHATANNEWSSUMUTUMUM

12 Kasus Anak Alami Ginjal Akut di Sumut

Kamis, 20 Oktober 2022, 14:12 WIB
Last Updated 2022-10-20T07:12:06Z
Ciri-ciri anak alami ginjal akut.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Sebanyak 12 anak di Sumatera Utara sedang menjalani observasi ginjal akut. Mereka kininmendapatkan perawatan intensif di beberapa rumah sakit. Hal itu dikatakan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, kepada wartawan di Rumah Dinas Gubernur,  Kamis (20/10).

Ciri-ciri anak alami ginjal akut.


"12 sedang diobservasi. (Mereka) masih diperiksa kenapa dia," kata Edy Rahmayadi.


Mantan Pangkostrad itu berharap 12 anak tersebut tidak menderita ginjal akut. "Tapikan belum tentu karena ginjal akut, sedang di cek mudah-mudahan tidaklah," ujarnya.



Ke seluruh Pemkab dan Pemko di Sumut, lanjut Edy Rahmayadi, juga telah berkoordinasi dan menerbitkan himbauan kewaspadaan gagal ginjal.


Beberapa penekanannya dalam surat imbauan tertanggal 19 Oktober 2022 itu adalah agar tenaga kesehatan pada fasilitas kesehatan, agar tidak meresepkan obat-obatan dalam bentuk cair/sirup untuk sementara waktu.



Sebagai alternatif, dapat menggunakan bentuk sediaan lain seperti tablet, kapsul, suppositoria (anal) dan lainnya.


Kemudian seluruh apotek untuk sementara tidak menjual obat bebas/bebas terbatas dalam bentuk sirup kepada masyarakat sampai ada pengumuman resmi lebih lanjut dari Pemerintah.


Ditambahkan Edy Rahmayadi, dirinya terus berkoordinasi dengan pihak tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas dan klinik, agar memberi pelayanan terbaik.


"Juga agar bersama-sama kita mencegah dan mengantisipasi ginjal akut ini. Semua sudah dikoordinasikan dengan by phone, baru dengan ahli dokter-dokter anak, bersama dengan dr Inke cs dan kepala kepala puskesmas dan kepada dinas seluruh kabupaten/kota," pungkas Edy.(BG/MED)

TRENDINGMore