NEWSSAMOSIRUMUM

Bawaslu Samosir Gelar Seleksi CAT Bagi Calon Panwascam Pemilu 2024

Sabtu, 15 Oktober 2022, 13:06 WIB
Last Updated 2022-10-15T06:06:54Z

 

Pelamar Panwascam di Samosir, mengikuti ujian CAT.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Samosir menggelar ujian atau tes bagi calon panitia pengawas kecamatan (Panwascam), bertempat di ruang komputer SMAN 1 Pangururan, Sabtu (15/10).


Ketua Bawaslu Samosir, Anggiat Sinaga,  menerangkan, penyelenggaraan tes itu dilakukan usai dikeluarkannya surat pengumuman hasil seleksi administrasi calon anggota Panwaslu Kecamatan untuk Kabupaten Samosir Nomor : 003/KP.01.00/POKJA/SU-19/10/2022 tanggal 12 Oktober 2022.


"Ada sebanyak 115 peserta calon Panwascam mengikuti tes tertulis yang dilaksanakan secara CAT (Computer Assisted Test). Para peserta dibagi menjadi 3 sesi, pagi, siang dan sore," ujar Ketua Bawaslu Samosir, Anggiat Sinaga.


Anggiat Sinaga melanjutkan, soal tes dikirim langsung oleh Bawaslu RI dan Bawaslu Samosir hanya memantau jalannya tes. "Soal tes didistribusikan langsung oleh Bawaslu RI dan dilakukan 5 menit sebelum tes CAT dimulai," imbuhnya.


Pengumuman hasil tes CAT sendiri, akan langsung diumumkan hanya berselang sehari usai pelaksanaan. "Hasil tes CAT akan diumumkan di website kami, pada hari Senin tanggal 17 Oktober 2022," lanjutnya.


Untuk jumlah soal dalam tes tersebut, sebanyak 100 soal dengan waktu 90 menit dan secara garis besar seputar pancasila dan tentang kepemiluan dan studi kasus dalam pemilu tersebut.


"Sesuai juknis yang ranking 1 sampai 6 kita ambil, masuk tahap wawancara di setiap kecamatan," terangnya.


Ketua Bawaslu Samosir berharap peserta yang terpilih berintegritas, profesional dan bertanggung jawab dalam hal tupoksi pekerjaan serta memiliki loyalitas yang tinggi terhadap pekerjaan.(BG/TS)

TRENDINGMore