NEWSPERTANIANSUMUTTABAGSEL

Distan Madina Anggarkan Rp 1,5 Miliar Bangun JUT

Rabu, 19 Oktober 2022, 15:47 WIB
Last Updated 2022-10-19T08:47:05Z

Pegawai Dinas Pertanian Madina melakukan peninjauan pembangunan jalan usaha tani di Desa Lumban Pinasa, Kecamatan Siabu.


MADINA-BERITAGAMBAR :

Dinas Pertanian (Distan) Mandailing Natal (Madina) menggelontorkan anggaran Rp 1,5 miliar untuk membangun jalan usaha tani (JUT) guna meningkatkan produktivitas pertanian di kabupaten tersebut.


Menurut Kadis Pertanian Madina, Siar Nasution melalui Kepala Bidang Prasara dan Sarana Pertanian, Imelda Nasution SP, anggaran Rp 1,5 miliar itu untuk membangun JUT di 14 titik se-Kabupaten Madina.


“Dengan keberadaan Jalan Usaha Tani dapat mempercepat proses distribusi hasil pertanian sehingga dapat membantu upaya budidaya pertanian mereka, sehingga dapat memperluas daya jangkau distribusi petani,” kata Imelda, di Desa Lumban Pinasa Kecamatan Siabu, Rabu (19/10).


Kata Imelda, program pertanian ini berorientasi pada terwujudnya ketahanan pangan sebab produktivitas akan terus kita tingkatkan.


“Jalan usaha tani merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian (tanaman pangan dan holtikultura) untuk memperlancar mobilitas,” katanya.


Menurutnya, tujuan prasarana dan sarana pertanian kiranya dapat menunjang usaha pertanian mengangkut produksi petani baik dari maupun menuju lokasi sehingga tercapai sektor pertanian yang lebih maju.


“Program ini terus kita laksanakan demi untuk terwujudnya ketahanan pangan,” katanya.


Sementara Hotma Boru Nainggolan, warga Kecamatan Siabu mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal yang terus membenahi kebutuhan petani dalam rangka peningkatan produktivitas juga peningkatan prasarana dan sarana petani.


“Transportasi ke areal pertanian saat ini sudah lancar dan biaya angkut hasil pertanian menurun dan mobilitas sudah lancar,” sebutnya.(BG/MAD)


TRENDINGMore