NEWSPERISTIWASUMUTUMUM

Gubsu Hadiri Silaturahmi Akbar Masyarakat Melayu

Rabu, 26 Oktober 2022, 20:44 WIB
Last Updated 2022-10-26T13:44:02Z

Gubsu Edy Rahmayadi, bergambar bersama dengan Masyarakat Melayu.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berharap masyarakat Melayu dapat bersatu, saling bahu-membahu dan tolong-menolong antarsesama. Sehingga dapat bersama-sama membangun Sumut yang bermartabat.


Hal ini dikatakannya saat menghadiri Silaturahmi Akbar Masyarakat Melayu di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Rabu (26/10). 


"Mari kita masyarakat Melayu untuk bersatu, bersama membangun Sumut yang bermartabat," ucap Edy Rahmayadi.


Hadir di antaranya, Wakil Walikota Medan Aulia Rachman, Ketua Panitia Silaturahmi Akbar Djohar Arifin Husin, Pimpinan Kesultanan Melayu, Datok, Orang Besar, Pimpinan Organisasi Melayu, OPD Sumut, serta masyarakat Melayu. 


Edy Rahmayadi pun mengaku bangga ditakdirkan sebagai suku Melayu dan meminta masyarakat Melayu untuk bangga menunjukan identitas Melayunya. Karena dilihat dari sensus, warga Melayu hanya sekitar 6%. Ini membuktikan bahwa masyarakat Melayu sudah tidak menempelkan identitas kesukuannya. 


Mengenai 'Pakat Melayu' yang merupakan konsep yang lahir setelah acara silturahmi ini, Edy Rahmayadi mengajak semua untuk berkomitmen dalam menjalankan pakat tersebut. "Jangan hanya menjadi kesepakatan saja dan tidak ada realisasinya," katanya.


Sementara itu, isi Pakat Melayu tersebut antara lain, meminta Pemerintah Daerah agar di sepanjang Pantai Timur Sumut untuk tetap menghormati dan menjunjung tinggi kultur Melayu, dan mempermudah akses pendidikan. Juga meningkatkan pelayanan kesehatan, infrastruktur, ekonomi buruh, petani, nelayan serta lainnya.(BG/MED)

TRENDINGMore