NEWSPERISTIWASUMUTUMUM

Kasus Gagal Ginjal, Gubsu Minta Puskesmas dan RS Izinkan Orang Tua Berikan obat Sirup ke Anak

Rabu, 19 Oktober 2022, 15:21 WIB
Last Updated 2022-10-19T08:21:25Z

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi saat diwawancarai di depan Aula Tengku Rizal Nurdin, Rabu (18/10/2022). Ia meminta seluruh puskesmas dan rumah sakit di Sumatera Utara untuk tidak memberikan obat dalam bentuk sirup kepada anak. 


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meminta seluruh puskesmas dan rumah sakit di Sumatera Utara untuk tidak memberikan obat dalam bentuk sirup kepada anak.


"Nah ini sementara langkahnya saya perintahkan seluruh puskesmas dalam waktu dekat, rumah sakit-rumah sakit untuk tidak mengizinkan orang tua untuk memberikan anaknya mengkonsumsi obat (sirup) tersebut," ujar Edy saat diwawancarai, Rabu (18/10).


Menurut Edy, obat-obatan sirup tersebut masih diduga menjadi penyebab serangan penyakit GGL pada anak.


"Itu kita belum mengetahui penyebabnya. Tapi diduga yang orang-orang tua kita begitu demam anaknya dia beli obat, memang murah, hanya 11 ribu, 9 ribu. Dampak sejenis paracetamol rata-rata dari kajian sementara karena itu terus dia susah kencing, lever, terus sakit kuning, demam, seperti itu dia," kata Edy.


Mantan Pangkostrad itu mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan edukasi dan sosialisasi kepada orang tua anak terkait pencegahan GGL.


"Orang-orang tua bayi ini harus kita kasih edukasi dan sosialisasi. Sementara itu dulu langkah kita, karena di Kementrian Kesehatan masih mengkaji ini," pungkasnya.

TRENDINGMore