NEWSPERISTIWASUMUT

PWI Deliserdang dan Komnas Anak Gelar Seminar Wartawan Ramah Anak

Rabu, 26 Oktober 2022, 17:52 WIB
Last Updated 2022-10-26T10:52:00Z

 

Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Pemkab Deliserdang yang diterima Wakil Bupati HMA Yusuf Siregar pada Pembukaan Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak.

DELISERDANG-BERITAGAMBAR :

Masyarakat berperanserta dalam perlindungan anak baik secara perorangan maupun kelompok. Oleh karenanya, wartawan melalui Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Deliserdang harus mampu memahami aturan-aturan tentang Jurnalistik agar dapat menyajikan berita dan informasi yang bermanfaat dengan memperhatikan aspek-aspek yang layak dikonsumsi oleh anak.


 Hal tersebut ditegaskan Bupati Deliserdang H.Ashari Tambunan dalam sambutannya melalui Wakil Bupati HMA Yusuf Siregar saat membuka Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Kabupaten Deliserdang di lantai II Gedung Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD) Deliserdang Tanjungmorawa, Rabu (26/10).


 Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak yang merupakan program kolaborasi PWI Kabupaten Deliserdang dengan Komnas PA Kabupaten Deliserdang diikuti 60 peserta.


Hadir dalam pembukaan tersebut Wakil Ketua PWI Sumut bidang Organisasi Rifki Warisan, Wakil Ketua Bidang Hukum Amrizal, Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang, Kadis Kominfo Deliserdang Miska Gewasari, Komnas PA Deliserdang Junaidi Malik, Camat Tanjungmorawa Ismail.


Dijelaskannya, dewasa ini begitu banyak berita di berbagai media yang mengandung konten yang tidak wajar untuk dikonsumsi oleh anak-anak apalagi saat ini teknologi sudah menjadi kebutuhan bagi seluruh kalangan masyarakat termasuk anak-anak sehingga dibutuhkan perhatian yang serius melalui pembenahan dan pelatihan bagi para jurnalis guna mewujudkan media yang ramah pada anak. 


Menurut Bupati, kegiatan Seminar Sehari Wartawan Ramah ini dinilai sangat penting bagi para komunitas pers dalam menghasilkan berita yang bernuansa positif, berempati dan bertujuan melindungi hak, harkat dan martabat anak.


“Atas nama Pemkab Deliserdang saya menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Kabupaten Deliserdang ini. Semoga dengan adanya seminar ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan segenap anggota pers untuk menjalankan tugas-tugas jurnalistik dalam menyajikan informasi dan berita yang ramah anak. Saya juga berharap dengan adanya Seminar ini akan menghasilkan berita yang dapat mengedukasi masyarakat dalam menghasilkan satu kondisi lingkungan yang aman, nyaman, sehat, ramah guna meningkatkan kepedulian persoalan anak di Kabupaten Deliserdang. Semoga sinergitas dan kolaborasi PWI dan Pemkab Deliserdang dalam menciptakan lingkungan yang positif sportif dan ramah anak akan terus terjalin bahkan ditingkatkan agar cita-cita mewujudkan Deliserdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan dapat diwujudkan”harap Bupati.


Wakil Ketua PWI Sumut bidang Organisasi Rifki Warisan dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada PWI Deliserdang yang telah mampu berkolaborasi dengan Komnas PA Deliserdang sehingga bisa membuat kegiatan yang dalam pengamatannya hingga saat ini dimasa kepengurusannya PWI Kabupaten/Kota yang baru membuat acara Seminar seperti ini baru Deliserdang. 


"Wajar kalau kita beri apresiasi, walaupun skopnya Kabupaten tetapi ini isu nasional"kata Rifki Warisan yang disambut tepuk tangan meriah dari seluruh peserta. 


Rifki menjelaskan, pemberitaan ramah ini muncul setelah keluar Undang-Undang Peradilan Anak Dibawah Umur yakni Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 yang diprakarsai oleh Komnas HAM, Komnas PA yang kemudian Dewan Pers menindaklanjutinya sehingga setiap melakukan Uji Kompetensi Wartawan ditambah materi ujinya yakni Pedoman Pemberitaan Ramah Anak. Hal ini bertujuan agar wartawan mengerti rambu-rambu pemberitaan. 


Ia berharap, hasil dari kegiatan ini ke depan wartawan lebih memahami tugas dalam membuat berita tentang perlindungan anak. 


Sebelumnya, Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang dalam sambutannya menjelaskan kegiatan Seminar Sehari Wartawan Ramah ini selain dilakukan dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional tahun 2023 dimana Sumatera Utara dipercaya sebagai tuan rumah juga menyahuti arahan Bupati Deliserdang H.Ashari Tambunan pada pembukaan Konferensi VII PWI Deliserdang pada bulan Mei 2022 lalu yang menitikberatkan pada peningkatan Sumber Daya Manusia agar wartawan Deliserdang melakukan pemberitaan yang baik dan benar serta ramah anak. 


Kegiatan Seminar Sehari Wartawan Ramah ini menghadirkan nara sumber masing-masing Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait dan Wakil Ketua PWI Sumut bidang Pendidikan Soegiatmo. 


Pada kesempatan itu, Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Pemkab Deliserdang yang diterima Wakil Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar.(BG/Ds)


  


        

 

TRENDINGMore