DAERAHNEWSPERISTIWASUMUT

Antisipasi Banjir, Sat Sabhara Polres Dan BPBD Kota Tebingtinggi Lakukan Patroli

Senin, 14 November 2022, 07:14 WIB
Last Updated 2022-11-14T00:14:27Z

 

Sat Sabhara Polres Tebingtinggi bersama BPBD Kota Tebingtinggi patroli gabungan antisipasi banjir di Jalan Anturmangan, Kelurahan Sri Padang, Kecamatan Rambutan, Kota Tebingtinggi, Senin(14/11).

TEBINGTINGGI-BERITAGAMBAR : 

Personil Sat Sabhara Polres Tebingtinggi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tebingtinggi lakukan patroli gabungan dalam rangka mengantisipasi banjir, Senin(14/11).



Menurut keterangan, Kepala Badan (Kaban) BPBD Kota Tebingtinggi, Dora Daeng Massaro, patroli gabungan dalam rangka antisipasi Banjir ini dilakukan karena sejak Hari Minggu(13/11) pukul 21:00 WIB debit air Sungai Padang terpantau naik.



"Kita sudah patroli sejak mendapat informasi bahwasanya debit air Sungai Bahbolon, Kec Sipispis, Kab Serdang Bedagai (Sergai) diinformasikan naik, kurang lebih sekitar pukul 21:00 WIB, karena jika debit air Sungai Bahbolon naik otomatis debit air Sungai Padang Kota Tebingtinggi juga akan ikut naik, bahkan bisa juga banjir, maka dari itu kami bersama Sat Sabhara Polres Tebingtinggi melakukan patroli untuk mengantisipasi banjir," kata Dora Daeng Massaro.



Lanjutnya, namun hingga Senin(14/11) pukul 01:00 WIB, debit air Sungai Padang masih terpantau naik. Namun demikian masyarakat yang tinggal di bantaran sungai masih terlihat tenang.



"Menurut pantauan, seluruh warga yang berada di bantaran Sungai Padang belum ada yang mengungsi, walaupun saat ini terlihat sudah ada genangan air di halaman rumah mereka. Menurut keterangan, Bembeng (32) warga Jalan Anturmangan, Kel Sri Padang, Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi, banjir ini akan segera surut, karena sudah terlihat perlahan-lahan air mulai habis," jelas Tora Daeng Massaro.



"Walaupun banjir sudah terpantau surut, BPBD Kota Tebingtinggi dan Sat Sabhara Polres Tebingtinggi akan terus berpatroli dan Stand by untuk membantu warga mengevakuasi barang-barang berharga jika tiba-tiba banjir naik lagi" ungkap Tora.



Sementara itu, Kasat Sabhara Polres Tebingtinggi, AKP Yani mengatakan bahwa seluruh personil Sat Sabhara Polres Tebingtinggi yang sedang piket saat ini sudah diterjunkan ke lokasi rawan banjir untuk mengecek dan membantu warga apabila banjir naik.



" Sejak ada informasi debit air Sungai Bahbolon naik dari Polsek Sipispis, saya langsung perintahkan anggota untuk mengecek ke tempat tinggal warga yang berada di bantaran sungai, dan saya juga sudah tegaskan jika masyarakat perlu bantuan langsung bantu, turunkan segala sesuatu alat bantu untuk mengevakuasi barang-barang berharga milik warga", kata AKP Yani.(BG/TT)





TRENDINGMore