NASIONALNEWSUMUM EKONOMI INTERNASIONAL

KTT G20, Presiden AS Joe Biden Tiba Dan Kagumi Tarian Khas Bali

Senin, 14 November 2022, 08:47 WIB
Last Updated 2022-11-14T01:47:56Z

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah tiba di Indonesia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.


BALI-BERITAGAMBAR :

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah tiba di Indonesia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Joe Biden mengungkapkan kekagumannya saat disambut tarian khas Bali. 


Hal itu diungkapkan Menparekraf Sandiaga Uno saat menyambut Joe Biden di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Minggu (13/11/2022) malam. Sandiaga mengaku sempat mengobrol saat berjalan kaki bersama Biden.


"Dia sangat kagum dan dia ucapkan 'amazing, splendid, wonderful. Sebagai rasa terima kasih dia mengucapkan 'thank you' kepada para penari," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis dari Tim Komunikasi dan Media G20.


Sandiaga mengucapkan selamat datang kepada Biden. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Biden atas kesediaannya menghadiri KTT G20.



"Atas nama pemerintah, bangsa dan rakyat Indonesia kami menyampaikan keinginan untuk lebih banyak kunjungan dan kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga.



Sandiaga juga mengatakan kunjungan wisatawan dari Amerika Serikat beberapa waktu belakangan mengalami peningkatan. Ia pun mengungkapkan harapannya di hadapan Biden agar produk-produk ekonomi kreatif Indonesia semakin diminati, terutama produk fashion, kuliner dan produk kerajinan tangan.


KTT G20 Indonesia


Sebagaimana dikutip dati situs resmi, G20 merupakan sebuah platform multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia. Anggota G20 merepresentasikan lebih dari 80 persen perekonomian dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.


Forum KTT G20 intens dilakukan setiap tahun dengan menghadirkan masing-masing kepala negara ataupun kepala pemerintahan. Tahun ini, Indonesia resmi memegang presiden G20 setelah sebelumnya diemban oleh Italia.


Dalam kepemimpinannya, Indonesia mengusung semangat pulih bersama dengan tema 'Recover Together, Recover Stronger'. Ada tiga isu prioritas dalam presidensi G20 Indonesia yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan.


KTT G20 Indonesia dilaksanakan di Bali pada 15-16 November 2022. Acara ini merupakan pertemuan puncak dari rangkaian agenda G20 selama presidensi G20 Indonesia.(net)

TRENDINGMore