KRIMINALNEWSPERISTIWASUMUT

Dua Ditembak, Enam Tahanan Polres Toba Kabur Ditangkap Kembali

Minggu, 20 November 2022, 16:25 WIB
Last Updated 2022-11-20T09:25:51Z

Dua dari 6 tahanan yang sempat kabur dari RTP Polres Toba dihadiahi timah panas karena melawan.


TOBA-BERITAGAMBAR :

Penangkapan Laurensus Sitorus menjadi penangkapan terakhir dari enam tahanan Polres Toba yang kabur.


Seluruh tahanan yang sempat kabur dari RTP Polres Toba dimasukkan kembali ke ruang tahanan.


Hal itu disampaikan Kasubbag Humas Polres Toba Iptu Bungaran Samosir, Minggu (20/11).


Dua dari enam tahanan kabur ini dihadiahi timah panas atau ditembak oleh polisi karena melawan petugas saat proses penangkapan.


"Dari 6 tahanan yang sempat kabur, 2 di antaranya dihadiahi timah panas," ujarnya.


Ia menjelaskan keenam tahanan yang sempat kabur dan kini seluruhnya sudah diringkus.


1. Dennis Grantino Sibuea (30), yang terjerat kasus narkotika dan dikenakan pasal 114 -112 Undang-Undang Narkotika.


2. Monray Sibarani Perkara Pasal (27), yang terjerat kasus narkotika dan dikenakan pasal 114 -112 Undang-Undang Narkotika.


3. Rebana Mardova Lubis (19) terjerat kasus pencurian dan dikenakan pasal 363 KUHP.


4. Jumadi Tambunan (28) merupakan titipan narkoba.


5. Janter Hot Marihot (25) terjerat kasus pencurian dan dikenakan pasal 363 KUHP.


6. Leorensus Sitorus (24) terjerat kasus pencurian dan dikenakan pasal 363 KUHP.


"Yang kena timah panas adalah Dennis Grantino Sibuea dan Jumadi Tambunan," sambungnya.


Sebelumnya, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb membenarkan atas penangkapan tahanan tersebut. Ia juga menyampaikan, Laurensus Sitorus kerap berpindah-pindah guna mengelabui petugas saat pencarian.


"Laurensus Sitorus ditangkap saat melintas di Desa Pardomuan, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba, pada hari Sabtu (19/11/2022) sekira pukul 13.30 WIB," kata AKBP Taufiq Hidayat.


"Setelah kabur, Laurensus Sitorus terpantau sering berpindah tempat. Sehingga cukup menyulitkan petugas untuk melakukan penangkapan. Sebenarnya keberadaan dia sudah terlacak sama pihak kita. Hanya saja, dia sering pindah tempat," terangnya.


Setelah ditangkapnya keenam tahanan yang sempat kabur, ia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat.


"Atas informasi dan kerjasama yang baik antara Masyarakat dan pihak kepolisian, akhirnya Pelaku Laurensus Sitorus ini berhasil kami tangkap," sambungnya.


Lalu, ia menjelaskan penangkapan kelima tahanan lainnya.


"Sedangkan kelima tahanan yang kabur sudah kita amankan duluan di beberapa hari yang lalu. Jadi ke Enam Tahanan Sudah berhasil kita amankan semuanya," ungkapnya.


"Seperti diberitakan, pada Selasa sekira pukul 13.30 WIB, tim berhasil menangkap 2 orang tersangka dari Porsea dan mengamankan keduanya lalu tiba di Mako Polres Toba pukul 14.36 WIB," tuturnya.


Kedua tahanan diboyong ke Mapolres Toba menggunakan mobil Innova warna Hitam berplat putih BK 1696 DP atas nama tersangka Rebana Mardova Lubis atas kasus Pencurian Pasal 363 KUHPidana dan Monray Sibarani (27) dengan kasus peredaran dan penyalahgunaan narkoba


Berselang beberapa jam kemudian, dua tahanan lainnya ditangkap Satreskrim Polres Toba dan tiba di Mapolres Toba pukul 15.28 WIB.


"Kondisi kedua tersangka mengalami luka tembak pada kaki sebelah kiri kedua tahanan," tuturnya.


"Dua tahanan yang berhasil ditangkap bernama Dennis Grantikno Sibuea dengan perkara narkotika dengan Pasal 114-112 dan Jumadi Tambunan Titipan Narkotika Sat Narkoba Polres Toba. Kedua tahanan ini berhasil ditangkap setelah dilumpuhkan dengan timah panas oleh petugas karena berupaya mencoba melawan petugas saat dilakukan penangkapan," sambungnya.


Lalu, tim menangkap satu tahanan lagi yang kabur atas nama Janter Hot Marihot Panggabean yang terjerat perkara Pasal 363 KUHP.


Ia ditangkap saat melintas di jalan menuju rumahnya di Desa Hutaraja Hasudutan, Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Kamis (17/11/2022) sekira pukul 02.15 WIB.


"Setelah 5 hari pencarian akhirnya Tahanan ini dapat kita tangkap. Semuanya atas kerjasama dari masyarakat hingga Polres Toba dapat menangkap kembali keenam tahanan yang lari," pungkasnya

TRENDINGMore