NEWSPERISTIWASUMUT

Gubsu Tinjau Banjir di Sei Mati

Minggu, 20 November 2022, 17:09 WIB
Last Updated 2022-11-20T10:09:39Z
Edy Rahmayadi, meminta warga di Gang Merdeka, Kelurahan Sei Mati.


MEDAN-BERITAGAMBAR :
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, meminta warga di Gang Merdeka, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan mau direlokasi.


Gubernur beralasan warga Sei Mati selalu menjadi korban banjir setiap kali turun hujan deras. Hal itu disampaikannya saat meninjau warga di Gang Merdeka, Sei Mati yang terkena banjir, Sabtu (19/11).


"Saya imbau warga mau direlokasi," ajak Edy Rahmayadi di hadapan warga, yang pada kesempatan itu meminta bantuan Dansat Brimob Polda Sumut untuk mendirikan posko siaga dan dapur umum di sekitar wilayah Sei Mati, agar warga tidak ada yang kelaparan.


Gubernur menyatakan, menyelesaikan masalah banjir Medan membutuhkan penanganan yang komprehensip dan proses waktu yang panjang. Sebab banyak masalah yang dibenahi.


"Banjir di Medan sudah sering terjadi, apalagi bila turun hujan yang deras dengan durasi waktu yang lama," ujar Edy Rahmayadi.


Mantan Pangkostrad itu mengatakan, sungai dan drainase di Kota Medan harus terus dibenahani, mengingat kondisi curah hujan dan sungai, maupun drainase yang dipenuhi sendimen dan perlu dilakukan pengerukan secara rutin dan berkala.


"Drainase di Medan banyak yang tumpat mengakibatkan daya tampung air menurun," ujar Edy Rahmayadi.



Edy juga menjelaskan Pemprov Sumut bersama Balai Wilayah Sungai Sumatera II akan merevitalisasi Sungai Badera. Itu sebagai salah satu upaya untuk mengatasi persoalan banjir.

Untuk mengantisipasi banjir susulan, Gubernur Edy Rahmayadi mengimbau warga melalui Kepling dan lurah untuk mengaktifkan pos Siskamling.

Warga di bantaran sungai agar tetap siaga dan petugas BPBD dan aparat keamanan untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi, serta kerawanan keamanan.(BG/MED)




TRENDINGMore