NEWSPERISTIWASUMUT

Inilah Daftar Perwira Polda Sumut yang Diganti

Kamis, 24 November 2022, 14:46 WIB
Last Updated 2022-11-24T07:46:23Z

Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak saat diwawancarai soal tujuh Polisi berpangkat Bripda aniaya dan sekap perawat RS Bandung Medan.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak mencopot sejumlah perwira dan melakukan pemeriksaan. 


Pencopotan atau mutasi ini tertuang dalam surat telegram rahasia nomor ST 1861 IXI/KEP./2022 tanggal 23 November 2022.


Dalam telegram rahasia itu, enam personel dari pangkat Komisaris Polisi (Kompol) hingga Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) dicopot dan diperiksa.


Berikut daftar perwira yang dicopot dan diperiksa:


1. Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Sony W Siregar tertulis dimutasi ke bidang Pelayanan Markas Polri (Yanma) Polda Sumut. Selain itu tertulis pula Sonny dalam rangka pemeriksaan.


Jabatan Kasat Lantas Polrestabes Medan digantikan oleh Kapolsek Medan Kota, Kompol Muhammad Rikki Ramadhan.


2. Kapolsek Medan Area, Kompol Sawangin dimutasi ke bidang Pelayanan Markas Polri (Yanma) Polda Sumut dalam rangka pemeriksaan.


Jabatan Kapolsek Medan Area digantikan Kompol Ali Irsan Hasibuan yang sebelumnya sebagai Kasiaga 1 Bagdalops Roops Polda Sumut.


3.Kabagops Polres Siantar, Kompol Muri Yasnal dicopot dan dipindahkan ke Bidang Pelayanan Markas Polri (Yanma) Polda Sumut dalam rangka pemeriksaan.


Jabatan Kabagops Polres Siantar, akan diisi Kompol Bayu Putra Samara, yang sebelumnya pejabat sementara Kasubdit III Jahtanras Dit Reskrimum Polda Sumut.


4. Kasat Intelkam Polres Padang Lawas, AKP Abdul Bahri dicopot menjadi Perwira Menengah (Pamen) di Pelayanan Markas (Yanma) Polda Sumut dalam rangka demosi.


Demosi ialah pemindahan jabatan yang sebelumnya ke jabatan lebih rendah.


Ia digantikan AKP Sahala Harahap yang sebelumnya menjabat Kasatintelkam Polres Samosir.


5. Ahli Madya Rumkit Bhayangkara TK II Medan, AKBP Marisi Sinaga dicopot dari jabatannya dan kini dipindahkan ke pelayanan markas (Yanma) Polda Sumut dalam rangka pemeriksaan.


6. Kasubbidkespol Biddokkes Polda Sumut, AKBP Rivawati Marentina Sitinjak dicopot dari jabatannya dan kini dipindahkan ke pelayanan markas (Yanma) Polda Sumut dalam rangka pemeriksaan.


7. Kanit 1 Sat Reskrim Polrestabes Medan, AKP Muhammad Reza diangkat menjadi Kasatreskrim Polres Labuhanbatu Selatan.


8. Kanit 3 Sat Reskrim Polrestabes Medan, AKP Prastiyo Triwibowo diangkat ke jabatan baru sebagai Kasatreskrim Polres Mandailing Natal.


9. Kanit 4 Sat Reskrim Polrestabes Medan Iptu Zuhatta Mahadi dimutasi menjadi Kasatreskrim Polres Tapanuli Utara.


10. Kanit 4 Sat Reskrim Polrestabes Medan akan diisi oleh Iptu Masagus Zailani yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit 2 Satreskrim Polresta Deliserdang.


11. Kanit 5 Satreskrim Polrestabes Medan AKP Arya Nusa Hindrawan diangkat sebagai Kasatreskrim Polres Tanah Karo.


12. Kanit 5 Satreskrim Polrestabes Medan digantikan oleh Iptu Randy Anugrah Putranto yang sebelumnya sebagai Kanit 1 Satreskrim Polresta Deliserdang.



13. Kanit 1 Satnarkoba Polrestabes Medan, AKP Muhammad Ainul Yaqin diangkat sebagai Kasat Lantas Polres Labuhanbatu.


14. Kanit 3 Satnarkoba Polrestabes Medan, IPTU Marvel Stefanus Arantes Ansanay kini diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasatnarkoba Polres Asahan.


15. Kapolsek Medan Kota akan diisi oleh AKP Selvintriansih yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek NA IX-X Polres Labuhanbatu.


Saat dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Sumut membenarkan adanya mutasi dan pencopotan jabatan personel jajaran Polda Sumut.


Ia menyebut mutasi dan rotasi merupakan hal biasa untuk penyegaran di dalam organisasi Polri.


Namun Hadi tak mau menjelaskan dalam kasus apa mereka diperiksa.


"Benar, mutasi atau rotasi merupakan penyegaran di tubuh Polri," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi, Kamis (24/11).



TRENDINGMore