NEWSPERISTIWA OLAHRAGASUMUT

Pekan Olahraga Pelajar Momentum Bangkitnya Prestasi Olahraga Di P. Siantar

Selasa, 22 November 2022, 15:03 WIB
Last Updated 2022-11-22T08:03:06Z
Wali Kota Susanti Dewayani mendapat sambutan dari para pelajar sebelum membuka Kejuaraan dan Pekan Olahraga Pelajar tingkat SD, SMP dan SMA seluruh Pematang Siantar.


PEMATANG SIANTAR (Waspada):

Wali Kota berharap Kejuaraan dan Pekan Olahraga Pelajar tingkat Kota Pematang Siantar tahun 2022 menjadi momentum bangkitnya prestasi olahraga dan minat pelajar untuk meningkatkan prestasi melalui olahraga.


“Apalagi, setelah melewati keterbatasan aktivitas selama dua tahun pandemi Covid-19,” sebut Wali Kota Susanti Dewayani saat membuka Kejuaraan dan Pekan Olahraga Pelajar memperebutkan Piala Wali Kota tahun 2022 di halaman kantor Dinas Pariwisata,  Selasa (22/11).


Menurut Wali Kota, prestasi di bidang olahraga, tentunya mengawalinya melalui pembudayaan olahraga, pengenalan dan pembinaan sejak usia dini serta kompetisi secara berjenjang dan berkelanjutan.


Selanjutnya, untuk optimalisasi pembinaan dan pembudayaan olahraga, sesuai amanat Undang-Undang (UU) No. 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan, Wali Kota mengajak bersama-sama melaksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat, khususnya di kalangan pelajar sebagai generasi penerus bangsa, hingga menjadikan olahraga sebagai kebutuhan hidup dan gaya hidup.


“Masa muda merupakan masa emas dan para pelajar merupakan harapan bangsa. Karena itu, kami mengajak untuk tetap  menorehkan prestasi di bidang olahraga. Buktikan, anak kami mampu dan optimis dalam bertanding," tegas Wali Kota.


Pada kesempatan itu, Wali Kota berterimakasih kepada para  kepala sekolah dan guru olahraga yang telah bekerjasama di sekolah, hingga dapat mengirimkan utusan dari sekolah masing-masing. 


Wali Kota juga mengapresiasi Dinas Pariwisata sebagai panitia pelaksana. “Kepanitiaan yang telah terbentuk, agar bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh sebagai pelayanan prima untuk masyarakat Pematang Siantar. Selamat bertanding, kemenangan utama yakni sportivitas. Mari junjung tinggi sportivitas," tegas Wali Kota. 


Sebelumnya, Kadis  Pariwisata Kusdianto dalam laporannya menjelaskan, kegiatan itu berdasarkan UU No. 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan, Peraturan Pemerintah (PP) No. 16 tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan, PP Nomor 17 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pekan dan Kejuaraan Olahraga serta Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran pada Dinas Pariwisata Tahun Anggaran (TA) 2022.


Sedang tujuannya, lanjut Kusdianto, meningkatkan minat dan bakat olahraga masyarakat, khususnya kalangan pelajar di Pematang Siantar dan mengembangkan kegiatan olahraga di sekolah serta mendukung kegiatan pelajar di bidang olahraga.


“Termasuk, meningkatkan prestasi pelajar di bidang olahraga," jelas Kusdianto seraya menambahkan Kejuaraan dan Pekan Olahraga Pelajar, pelaksanaannya pada 22-26 November 2022. 


Sedang lokasi kegiatan untuk cabang olahraga badminton di Hall Putra Solo, Jl. Sisingamangaraja, cabang olahraga tenis meja di aula SDN, Jl. Merpati Ujung dan cabang olahraga karate di aula SMAN 4, Jl. Pattimura.


"Yang mengikuti kegiatan terdiri siswa-siswi sekolah tingkat SD, SMP dan SMA seluruh Pematang Siantar," imbuh Kusdianto.


Sedang peserta dari cabang olahraga badminton jumlahnya 196 peserta, tenis meja 121 peserta dan karate 212 peserta, hingga jumlah keseluruhan 529 peserta. 


Turut hadir, Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pariaman Silaen, Ketua KONI Jayadi Sagala, SE, para kepala sekolah dan guru pendamping, para wasit dan juri pertandingan serta para pelajar. (BG/PS)



TRENDINGMore