NEWSPERISTIWASUMUT

Sungai Aekkanopan Meluap, 700 Lebih Rumah Tergenang di Aekkanopan dan Aekkanopan Timur

Kamis, 03 November 2022, 18:08 WIB
Last Updated 2022-11-03T11:08:40Z
Petugas BPBD Labura mengevakuasi warga korban banjir di Kelurahan Aekkanopan, Kecamatan Kualuh Hulu.


 AEKKANOPAN-BERITAGAMBAR :

Sungai Aekkanopan meluap, Kamis (3/11) pagi dan luapannya menggenangi 734 rumah di Kelurahan Aekkanopan dan Kelurahan Aekkanopan Timur, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura).


Lurah Aekkanopan, Timbul Hasibuan menyebutkan, 664 rumah tergenang air di Aekkanopan, akibat banjirnya sungai Aekkanopan. 


" Tidak ada korban jiwa akibat banjir itu, " katanya.Terpisah, Lurah Aekkanopan Timur, Ibrahim, menyebutkan, akibat meluapnya sungai Aekkanopan, 70 rumah tergenang air di Lingkungan Sukarendah, Kelurahan Aekkanopan Timur dan tidak ada korban jiwa.


Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Labura, Abdi Yoso menyebutkan, sungai Aekkanopan meluap karena curah hujan yang tinggi di hulu sungai." Selain itu, kemungkinan karena ada jebol tanggul di hulu sungai di Sikopikopi dan ditambah luapan air dari areal Perkebunan PT SMART Kanopan Ulu, " jelasnya.


Sementara itu, berkaitan banjir yang menggenangi ratusan rumah warga tersebut, Dinas Sosial Labura mendirikan dapur umum dan Dinas Kesehatan mendirikan posko kesehatan." Dapur umum telah disiapkan untuk membantu warga korban banjir. Dapur umum disiapkan di Kelurahan Aekkanopan Timur, " ujar Kadis Sosial, Jhon Ferry.


" Posko kesehatan telah disiapkan. Tenaga kesehatan (nakes) juga telah berada di pos untuk melayani warga korban banjir, " ujar Kadis Kesehatan, Jannah.


Selain itu, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihak PLN Aekkanopan juga telah memadamkan sementara arus listrik di lokasi rumah yang terkena banjir dan meninjau langsung ke lokasi banjir.(BG/LBU)


TRENDINGMore