NEWSPERISTIWASUMUT

Bupati Buka Raker dan Bimtek PWI Deliserdang

Jumat, 02 Desember 2022, 17:22 WIB
Last Updated 2022-12-02T10:22:04Z
Ketua PWI Sumut H. Farianda Putra Sinik, Kadis Kominfostan Dr Hj. Miska Gewasari, Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang dan lainnya saat berfoto bersama. 


TANAH KARO-BERITAGAMBAR : 

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Deliserdang menggelar Rapat Kerja (Raker) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahun 2022 selama 3 hari mulai Kamis (1/12) hingga Sabtu (4/12) di Green Garden Hotel Berastagi, Kabupaten Karo.


Raker dan Bimtek dengan moto peningkatan SDM PWI Deliserdang dan tema memperkokoh posisi yang teguh bersikap independen, guna mendukung terwujudnya visi-misi pembangunan Kabupaten Deliserdang dibuka Bupati Deliserdang H. Ashari Tambunan melalui Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostan) Dr. Dra. Hj. Miska Gewasari MM.


"Kami nyakin dampak atau efek adanya kegiatan Raker dan Bimtek dapat meningkatkan kualitas SDM khususnya wartawan tergabung di PWI Deliserdang," kata Bupati Deliserdang H. Ashari Tambunan Kadis Kominfostan Dr. Dra. Hj. Miska Gewasari.


Dengan adanya Raker dan Bimtek, diakui Miska, Pemerintah Kabupaten Deliserdang mengharapkan PWI Deliserdang dapat mendukung visi misi Kabupaten Deliserdang dalam pemberitaan. "Mohon bantuan PWI Deliserdang untuk bersama ngajak masyarakat Kabupaten Deliserdang untuk taat membayar pajak karena itu untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) kita. Kalau PAD kita tinggi maka pembangunan seiringnya akan meningkat," akunya.


Disamping mendukung visi misi Kabupaten Deliserdang, Miska menegaskan bahwa Pemkab Deliserdang tidak juga alergi dengan adanya pemberitaan yang bersifat kritik membangun. Dimana kritik membangun itu terwujud ketika wartawannya dapat bekerja secara profesional. 


"Dengan wartawan kemampuan profesional yang baik. Pasti akan menghasilkan berita-berita yang baik, meskipun itu merupakan berita kritikan namun karena wartawan itu tadi profesional maka akan melahirkan berita yang proporsional (berimbang)," ungkapnya.


"(Jadi) bila Pemerintah perlu dikritik karena belum bisa bekerja secara profesional, maka lakukan fungsi pengawasannya. Tapi disisi lain ketika Pemerintah bekerja dengan baik, maka bolehlah juga diberitakan hal yang baik tersebut," tambah Miska.


Menurut Miska, media atau wartawan itu salah satu fungsinya dan sesuai visi misi PWI Deliserdang memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Serta media atau wartawan sebagai sarana mensosialisasikan capaian pembangunan di Kabupaten Deliserdang.


Untuk itu Miska pun memastikan, bahwa pihak Pemkab Deliserdang akan terus mendukung kegiatan PWI Deliserdang yang bersifat positif. Termasuk dalam rangka persiapan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023, agar mengambil bagian dalam suksesnya pelaksanaan, karena Kabupaten Deliserdang adalah pintu masuknya tamu undangan HPN.


"Kami tetap terus mendukung PWI Deliserdang untuk meningkatkan kualitas wartawan yang tergabung di PWI Deliserdang dan mudah mudahan tetap terus bersinergi dalam mendukung pembangunan Kabupaten Deliserdang," ujarnya.


Sementara sebelumnya, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara( Sumut) H. Farianda Putra Sinik, SE mengapresiasi kerjasama Pemkab Deliserdang dan PWI Kabupaten Deliserdang dalam melaksanakan Raker dan Bimtek. Dia memastikan bahwa di Kabupaten Deliserdang baru terlaksana Raker dan Bimtek.


"Saya sewaktu jalan menuju ke lokasi ini, saya lihat dimana saja Kabupaten/kota yang melaksanakan Raker, hasilnya tidak ada Kabupaten/kota yang telah melaksanakan Raker Bu Miska, baru hanya Kabupaten Deliserdang yang melaksanakan. Jadi acara ini luar biasa inisiatif, saya mengapresiasi, maka saya dari Jakarta cepat-cepat kemari untuk menghadiri acara Raker dan Bimtek," katanya.


  • Dengan terselenggaranya Raker dan Bimtek ini, Farianda pun mengharapkan kontribusi Pemkab Deliserdang untuk menyukseskan kegiatan HPN tahun 2023.

  • "Suksesnya nanti HPN Tahun 2023 mendatang akan tergantung Kabupaten Deliserdang. Dalam hal ini koloborasi PWI Deliserdang bersama Pemkab Deliserdang,” katanya.

  • Sedangkan Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang SE menyampaikan terimakasih kepada pihak Pemkab Deliserdang yang telah membantu terselenggaranya kegiatan Raker dan Bimtek selama 3 hari mulai Kamis (1/12) hingga Sabtu (4/12) di Green Garden Hotel Berastagi. "Terimakasih kami sampaikan kepada Bapak Bupati Deliserdang juga kepada Kadis Kominfostan sehingga kami bisa melaksanakan kegiatan Raker dan Bimtek ini," ujar Lisbon.

  • Lisbon menjelaskan, dalam Raker yang pertama kali diadakan di PWI tingkat kabupaten/kota di Sumut PWI Deliserdang, dalam hal ini nantinya penasehat, pengurus dan para anggota akan melahirkan beberapa poin dari program kerja yang strategis yang tentunya bersinergi bersama unsur Pemerintahan dan pihak swasta di wilayah kerja Kabupaten Deliserdang.

  • "Adapun program jangka pendek, diantaranya yaitu, Kegiatan penyambutan dan pelaksanaan HPN Tahun 2023 di Sumut dimana Kabupaten Deliserdang sebagai pintu gerbang masuknya peserta HPN, Pelaksanaan kegiatan Bhakti Sosial, Pembentukan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) di PWI Deliserdang," katanya.

  • Sedangkan program jangka panjang, diantaranya, lanjut Lisbon mengenai renovasi kantor PWI Deliserdang, Pelaksanaan kegiatan PWI Deliserdang Goes to School, Pelaksanaan PWI Deliserdang Goes to Village, Penerapan administrasi PWI Deliserdang berbasis digital, Pelaksanaan kegiatan Pra UKW dan UKW, rencana kegiatan Family Gathering, dan rencana pembentukan usaha bersama PWI Deliserdang.

  • Adapun narasumber kegiatan ini, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara( Sumut) H. Farianda Putra Sinik,SE, Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumatera Utara (Sumut) Muhammad Syahrir, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabuapten Deli Serdang Dr. Ir Remus Hasiholan Pardede Msi, Seketaris PWI Sumut Sahat Rahmad Hamonangan Panggabean, S.Sos, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sumut Drs Rifki Warisan dan Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang.(BG/TS).



TRENDINGMore