NEWSPERISTIWASUMUT

Bupati Harapkan Kenduri Nelayan Terus Dipertahankan Dan Lestarikan

Senin, 05 Desember 2022, 15:30 WIB
Last Updated 2022-12-05T08:30:35Z

 

WAKIL Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar memberikan nasi tumpeng kepada Ketua DPD HNSI Sumatera Utara Zulfahri Siagian pada Kenduri Nelayan di Aula Gedung "Warung Kembar" Desa Percut Kecamatan Percut Seituan, Senin (5/12).


DELISERDANG-BERITAGAMBAR:

Bupati Deliserdang mengharapkan Kenduri Nelayan yang diselenggarakan selama ini terus dipertahankan dan lestarikan sehingga nantinya seluruh masyarakat di Kabupaten Deliserdang ini dapat memahami nilai-nilai yang terkandung dari tradisi tersebut dan semakin mencintai nilai-nilai kearifan lokal yang nantinya berdampak pada kokohnya rasa kebersamaan persaudaraan diantara sesama.        


  Harapan Bupati tersebut disampaikan Wakil Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar saat menghadiri Kenduri Nelayan Kabupaten Deliserdang di Aula Gedung "Warung Kembar" Desa Percut Kecamatan Percut Seituan, Senin (5/12).


          Kenduri Nelayan yang ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Wakil Bupati Deliserdang tersebut turut dihadiri Ketua DPD HNSI Sumatera Utara Zulfahri Siagian, Penasihat DPC HNSI Deliserdang H.Rakhmadsyah, SH, Ketua DPC HNSI Deliserdang Kamaruzzaman, Kadis Perikanan dan Kelautan Deliserdang Iwan Januar Salewa, Kadis Pertanian Rahman Saleh Dongoran, Kadis Ketahanan Pangan Herry Lubis, Sekretaris Dinas KominfoStan Deliserdang Syafi’i Sihombing dan Camat Percut Seituan A.Fitryan Syukri.


   Bupati mengatakan, Kenduri Nelayan ini merupakan tradisi yang telah dilakukan oleh masyarakat nelayan sejak dahulu sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah Subhaanahu Wata’ala Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat yang telah diberikanNya dengan dijauhkanNya dari bencana, musibah, marabahaya dan diberikan kekayaan hasil laut yang melimpah.


Selain daripada itu, kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi bagi masyarakat nelayan di Kabupaten Deliserdang. “Inilah makna dan pesan yang dapat diambil dari kegiatan Kenduri Nelayan Kabupaten Deliserdang di Percut Seituan ini”kata Bupati.


Khusus kepada masyarakat pesisir, Bupati berpesan untuk senantiasa bersama-sama menjaga kelestarian alam bawah laut dengan sebaik-baiknya karena profesi nelayan menjadi tumpuan harapan bagi sebagian masyarakat untuk menghidupi dan meningkatkan perekonomian keluarga.


Kepada para nelayan dihimbau agar dapat memahami ketentuan dan peraturan tentang batas-batas perairan antar negara. Hal ini penting guna menghindari permasalahan hukum yang dapat merugikan diri dan keluarga bahkan negara.


Ketua DPD HNSI Sumatera Utara Zulfahri Siagian dalam sambutannya memberi apresiasi kepada DPC HNSI Deliserdang yang melaksanakan Kenduri Nelayan. Ia berharap melalui kegiatan ini akan semakin meningkatkan keakraban sesama nelayan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.


Penasihat DPC HNSI Deliserdang H.Rakhmadsyah, SH, dalam kesempatan itu menjelaskan Kenduri Nelayan yang dilaksanakan ini genap 9 tahun. Ke depan ia berharap seluruh rumpun nelayan yang ada di Kabupaten Deliserdang untuk lebih serius karena ia dan Ketua DPC HNSI Deliserdang yang juga sama-sama merupakan anggota DPRD Deliserdang akan tetap bersinergi untuk bagaimana mengingatkan perhatian pemerintah terhadap masyarakat nelayan.


Ketua DPC HNSI Deliserdang Kamaruzzaman dalam sambutannya mengatakan kegiatan Kenduri Nelayan ini adalah upaya dan bentuk syukur masyarakat nelayan yang selama 1 tahun melakukan aktifitas mencari nafkah di laut yang laut itu tanpa dikasih bibit, tanpa penaburan benih tetapi memberikan rezeki yang melimpah pada masyarakat nelayan.


Menurutnya, masyarakat nelayan di Indonesia masih termarjinalkan kehidupannya. Untuk itu, perlu perhatian semua pihak terhadap kehidupan masyarakat nelayan.


"Nelayan tidak hanya bekerja menangkap ikan, perlu alat tangkap, tetapi nelayan juga perlu kesehatan, pendidikan, kesejahteraan. Untuk itu, kami berharap kepada Bupati Deliserdang memasukkan salah satu program untuk masyarakat pesisir sehingga masyarakat pesisir ini bisa terbangun di segala sektor kehidupan"harap Kamaruzzaman.


Sebelumnya, Ketua Panitia Kenduri Nelayan Deliserdang Muhammad Sari dalam laporannya menjelaskan kegiatan Kenduri Nelayan Deliserdang terlaksana atas kepedulian dan perhatian Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang. Tahun depan diharapkan kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan di setiap daerah pesisir yakni Kecamatan Pantailabu, Percut Seituan, Labuhan Deli dan Kecamatan Hamparan Perak. (BG/DS)



        

TRENDINGMore