NASIONALNEWSPERISTIWASUMUT

Daftar Lengkap Mutasi 704 Polisi lewat 4 Telegram Rahasia Kapolri

Minggu, 25 Desember 2022, 12:53 WIB
Last Updated 2022-12-25T05:53:59Z

Kapoldasu Irjen pol Panca Putra Simanjuntak, melakukan peninjauan pos PAM Ops Lilin Toba 2022.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi sejumlah jabatan mulai dari Kapolres, Direktur hingga Wakil Kapolda Sumut.


Mutasi itu tertuang dalam surat telegram rahasia bernomor 2775 hingga 2777 yang diterbitkan pada 23 Desember 2022.


Pada surat telegram itu disebutkan, Kapuslabfor Bareskrim Polri Brigjen Agus Budiharta dimutasikan sebagai perwira tinggi Bareskrim Polri dalam rangka pensiun.


Posisi Agus Budiharta akan digantikan oleh Kombes Pol Haris Aksara yang sebelumnya menjabat sebagai Sespuslabfor Bareskrim Polri.


Kapolri juga melakukan mutasi terhadap Dirpoludara Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol Sumego Adie Soetojo menjadi perwira tinggi Baharkam Polri dalam rangka pensiun.


Posisinya bakal digantikan oleh Brigjen Agus Pranoto yang sebelumnya menjabat sebagai Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri.


Kapolri juga merotasi Komjen Tomsi Tohir yang sebelumnya menjabat Sahlisospol Kapolri menjadi perwira tinggi Polri di Bareskrim.


Selanjutnya Tomsi Tohir akan ditugaskan pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


Sementara, Brigjen Pol Rudi Setiawan akan diangkat menjadi Sahlisospol Kapolri menggantikan Komjen Tomsi Tohir.


Brigjen Rudi sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sumatera Selatan.


Kapolri juga melakukan rotasi terhadap dua Kapolda. Mereka adalah Kapolda Kepulauan Riau Irjen Aris Budiman dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Binkar SSDM Polri.


Posisinya akan digantikan oleh Brigjen Tabana Bangun yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Riau.


Kemudian, Irjen Agung Wicaksono dimutasikan dari Kapolda Bengkulu menjadi perwira tinggi Polda Bengkulu. Dia dirotasi karena akan segera pensiun.


Posisi Irjen Agung Wicaksono sebagai Kapolda Bengkulu bakal digantikan oleh Irjen Pol Armed Wijaya. Adapun Irjen Armed sebelumnya menjabat sebagai perwira tinggi Bareskrim Polri yang ditugaskan di Kemenkopolhukam.


Mutasi di Polda Sumut 


Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut yang sebelumnya dijabat Kombes John Carles Edison Nababan kini digantikan Kombes Teddy John Sahala Marbun.


Kombes John Carles E Nababan naik pangkat menjadi Brigadir Jenderal (Brigjen) dan menjabat Kasat Bina Pelatihan Praja Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN).


Kombes Teddy John Sahala Marbun sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Dittipidter Bareskrim Polri.


Kapolres Labuhanbatu yang sebelumnya dijabat AKBP Anhar Arlia Rangkuti kini digantikan AKBP James Hasudungan Hutajulu.


AKBP Anhar Arlia Rangkuti diamanahkan menjadi Kapolres Blitar, Polda Jatim.


Jabatan AKBP James Hasudungan Hutajulu sebelumnya merupakan Kasubdit 3 Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut.


Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok dimutasi menjadi Perwira Menengah Slog Mabes Polri.


Jabatan Kapolres Langkat kini disisi oleh AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Belawan.


Kemudian Kapolres Samosir yang sebelumnya dijabat AKBP Josua Tampubolon, kini digantikan AKBP Yogie Hardiman, eks Kanit 2 Subdit V, Dittipideksus Bareskrim Polri.


AKBP Josua Tampubolon diamanahkan menjadi Kapolres Pelabuhan Belawan yang sebelumnya dijabat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang.


Saat dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi membenarkan adanya mutasi dan promosi jabatan mulai setingkat AKBP hingga Kombes.


Dia menyebut rotasi merupakan hal biasa dan penyegaran di dalam organisasi Polri.


"Rotasi pergantian, biasa. Dir Krimsus itu sudah lama berpindah mendapat promosi,"kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Minggu (25/12/2022).

TRENDINGMore