AUMUYEKONOMINEWSUMUM

H-1 Jelang Natal 2022, Penumpang Pesawat Mulai Padati Bandara KNIA

Sabtu, 24 Desember 2022, 14:09 WIB
Last Updated 2022-12-24T07:09:20Z

Suasana lonjakan penumpang di bandara internasional KNIA. 


DELISERDANG-BERITAGAMBAR :

Arus puncak libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mulai terlihat di Bandara Kualanamu hari ini Sabtu (24/12).


Kepadatan penumpang terjadi di area terminal baik di area kedatangan maupun keberangkatan. Selain itu juga terjadi di area tunggu.


Informasi yang dihimpun peningkatan pergerakan pesawat dan penumpang sudah terjadi sejak lima hari lalu. Kondisinya setiap hari terus saja mengalami kenaikan. Selain untuk penerbangan dosmestik juga untuk penerbangan internasional.


Sesuai data yang diperoleh, pada H-2 Natal tepatnya 23 Desember jumlah penumpang yang datang mencapai 15.517 orang. Sementara untuk yang berangkat ada 11.168 orang. Total ada 26.685 orang yang berangkat.


Airport Duty Manager Bandara Kualanamu, Suparman mengatakan jumlah pergerakan pesawat dan penumpang terjadi peningkatan dibanding tahun lalu. Disebut kenaikannya bisa sampai 60 sampai 80 persen. Disebut untuk tahun lalu angkanya di hari yang sama sampai hanya 134 penerbangan.


"Untuk saat ini mencapai 215 flight. Penumpang tahun lalu 14 ribuan. Penumpang terjadi kenaikan 80 persen kalau dibandingkan dengan tahun lalu, "ucap Suparman.


Pantauan wartwan kepadatan penumpang pesawat bertambah di bandara Kualanamu karena seiring dengan berangkatnya jamaah umroh.


Terlihat banyak jemaah umroh asal Pekan Baru maupun Jambi yang ingin berangkat dari Kualanamu. Salah satu penumpang pesawat Toto Naposaro mengaku saat ini merasakan bagaimana mahalnya tiket pesawat.


"Untuk ke Nias saja harga tiket 1,5 juta saya beli. Mahal tiketnya, "kata Toto.


Beberapa penumpang mengaku untuk mengantisipasi harga tiket yang mahal di musim libur Nataru ini mereka memilih membeli tiket jauh-jauh hari.


Selain untuk pulang ke kampung halaman juga banyak penumpang pesawat yang berangkat karena mau merayakan tahun baru di luar negeri. Salah satu yang banyak dituju oleh penumpang pesawat adalah Penang, Malaysi


Karena meningkatnya pergerakan penumpang dan pesawat saat ini pihak Angkasa Pura Aviasi pun terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Di area lantai 1 juga terlihat ada digelar live musik akustik.(BG/MED)

TRENDINGMore