NEWSPERISTIWASUMUT

Presiden Jokowi Pantau Pelaksanaan Ibadah di Katedral Bogor

Minggu, 25 Desember 2022, 14:28 WIB
Last Updated 2022-12-25T07:28:21Z

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memantau pelaksanaan ibadah Natal di Gereza Zebaoth dan Katedral Kota Bogor.


JAKARTA-BERITAGAMBAR :

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memantau pelaksanaan ibadah Natal di Gereza Zebaoth dan Katedral Kota Bogor. Dalam sambutannya, Jokowi mengajak jemaat gereja untuk mempererat persaudaraan dan menjaga lingkungan.


Jokowi ditemani Wali Kota Bogor Bima Arya mengunjungi Gereja Zebaoth di Jl Ir Juanda Kota Bogor sekitar pukul 09.10 WIB, Minggu (25/12/2022). Tak lama kemudian, Jokowi melanjutkan perjalanan untuk memantau pelaksanaan ibadah Natal di Gereja Katedral, Jl Kapten Muslihat Kota Bogor.


Dalam sambutannya, Jokowi mengajak jemaat untuk mempererat persaudaraan dan menjaga lingkungan demi kebangkitan Indonesia.


"Pertama-tama saya menyampaikan Selamat Natal dan selamat menyambut tahun baru 2023," kata Jokowi dalam sambutannya di Gereja Katedral Jl Kapten Muslihat dilihat detikcom melalui layar siaran langsung di halaman Gereja Katedral Kota Bogor, Minggu (25/12/2022).


"Saya lihat tadi, bapak, ibu, semuanya bahagia damai menyambut Natal pagi ini dan mari bersama sama kita terus mempererat tali persaudaraan memperkuat lingkungan kita untuk kebangkitan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selamat Natal, semoga Tuhan memberkati kita semua," tambahnya.


Usai memberikan sambutan, Jokowi langsung meninggalkan gereja menuju Istana Bogor. Sebelum memasuki mobilnya, Jokowi sempat melayani warga di Gereja Katedral yang mengajaknya berfoto bersama.


Bima Arya mengatakan, Jokowi mengaku senang karena melihat pelaksanaan ibadah natal di Gereja Katedral sudah mulai ramai.


"Saya sendiri dikontak 15 menit sebelumnya, ya Pak Presiden ingin mengunjungi 2 gereja, Katedral dan Zebaoth. Di dalam tadi Pak Presiden mengucapkan Selamat Natal dan tahun baru, dan Presiden sampaikan beliau senang sekali melihat gereja ini sudah ramai, penuh sukacita," kata Bima Arya.


Bima menyebutkan, pesan utama Jokowi dalam sambutannya yakni mengajak masyarakat untuk tetap menjaga toleransi demi kebangkitan Indonesia.


"Presiden ingin kita bersama-sama menjaga toleransi untuk kebangkitan Indonesia Raya, kira-kira begitu," kata Bima.


Bima menyampaikan, Jokowi sempat menunggu untuk menyampaikan sambutannya. Sebab saat ia datang tengah berlangsung proses ibadah di dalam gereja. Jokowi bahkan sempat meminta untuk menunggu di luar gereja karena tidak mau mengganggu jalannya ibadah natal.


"Pak Presiden tadi menunggu cukup lama ya, karena beliau tidak mau mengganggu (proses ibadah), bahkan beliau bilang 'saya menunggu di luar saja kalau mengganggu', tetapi tadi sudah disiapkan (oleh pihak gereja) dan ditunggu, sekitar 15 menit beliau menunggu tadi," ungkap Bima.(BG/NET)


TRENDINGMore