NEWSPERISTIWASUMUTUMUM

Wabup Deliserdang Tinjau Kondisi Daerah Yang Dilanda Banjir

Senin, 12 Desember 2022, 15:41 WIB
Last Updated 2022-12-12T08:41:39Z
Wakil Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar didampingi Kadis Pendidikan Yudi Hilmawan dan Camat Batangkuis Rio Laka Dewa ketika meninjau kondisi banjir di SDN 104231 Desa Sugiharjo Kecamatan Batangkuis.


DELISERDANG-BERITAGAMBAR  :

Wakil Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar meninjau kondisi beberapa Kecamatan di Kabupaten Deliserdang yang dilanda banjir, Senin (12/12).


Kecamatan pertama yang ditinjau Wakil Bupati Deliserdang yakni Dusun Mesjid, Desa Beringin, Kecamatan Beringin Kabupaten Deliserdang.


Wabup menyebutkan, banjir di Kecamatan Beringin merendam rumah 18 Kepala Keluarga (KK) atau 57 jiwa disebabkan tingginya curah hujan serta belum selesainya pengerjaan banjir kanal Kualanamu di sekitar lokasi.


"Di sekitar Dusun Mesjid Desa Beringin ada pengerjaan kanal yang belum selesai. Sejauh ini, kanal yang dikerjakan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera I sudah dilakukan ganti rugi untuk sebagian warga. Diharapkan supaya secepatnya bisa selesai sehingga bermanfaat bagi masyarakat"kata Wabup.


Terkait kondisi banjir, Wabup menghimbau aparat Pemerintah Kecamatan Beringin dan Desa Beringin, serta Kepala Dusun untuk selalu waspada dan tanggap terhadap cuaca ekstrim akhir-akhir ini.


"Kondisi sekarang ini memang tidak menentu. Harapannya kepada warga untuk terus berjaga-jaga sekaligus mengantisipasi jika ada hujan dan banjir. Ini diantisipasi sejak awal agar masyarakat ikut bersama-sama mengantisipasinya. Ini salah satu upaya kita sebelum pemerintah melakukan penanganan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). Kepala Desa dan Kepala Dusun juga harus ekstra waspada memantau kondisi yang terjadi"jelas Wabup.


Kepada para korban banjir Wabup menyebut bahwa Dinas Kesehatan Deliserdang melalui Puskesmas Beringin sudah mendirikan Posko Kesehatan. Sedangkan, Pemerintah Kecamatan Beringin dan Desa Beringin juga sudah membuat dapur umum.


Sementara itu, Camat Beringin, Iskandar Sayuti Siregar menyebutkan, dari 18 KK yang terdampak banjir, ada 2 KK yang mengungsi ke rumah saudaranya. "Semoga banjir ini segera surut agar warga bisa beraktivitas seperti biasa" tandasnya.


*Banjir Sekolah*


Usai meninjau kondisi banjir di Kecamatan Beringin, Wakil Bupati bersama Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Deliserdang Citra Effendi Capah, Kalak BPBD Amos F Karo-Karo, Kadis Pendidikan Yudi Hilmawan, Kadis PMD Khairul Azman, Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Rismar Silaban dan Camat Batangkuis Rio Laka Dewa meninjau kondisi banjir di SDN 104231 Desa Sugiharjo Kecamatan Batangkuis.


Kepala SDN 104231 Desa Sugiharjo Kecamatan Batangkuis, Rahma, menjelaskan, ketinggian air sekitar 20 - 30 Cm dan memasuki ruang kelas. Akibatnya, pihak sekolah memulangkan seluruh murid kepada orangtua masing-masing.



"Airnya mulai naik tadi pagi hingga masuk ke ruang kelas sehingga kami memulangkan seluruh murid kepada orangtua masing-masing. Sekolah kami ini menjadi langganan banjir jika hujan deras"kata Rahma kepada Wakil Bupati.


Sementara itu, Wakil Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar meminta pihak sekolah untuk melakukan berbagai upaya antisipasi agar ketika hujan deras airnya tidak masuk sampai ke dalam kelas yang dapat mengganggu kegiatan belajar mengajar.


"Lakukan berbagai upaya seperti memasukkan pasir ke dalam goni untuk membendung agar air tidak masuk sampai ke dalam kelas. Kalau air masuk sampai ke dalam kelas, takutnya sejumlah murid terserang penyakit"terang Wabup.


Kepada Pemerintah Desa, Wabup meminta agar mendirikan dapur umum dan posko kesehatan.


Kepala Desa Sugiharjo Kecamatan Batangkuis Hariadi Putra dalam kesempatan itu menjelaskan akibat hujan deras yang terjadi pada Minggu (11/12) merendam 678 rumah di Dusun I-V yang dihuni 704 Kepala Keluarga dan 2477 jiwa.


Setelah meninjau kondisi banjir di SDN 104231 Desa Sugiharjo, Wakil Bupati bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Pantailabu untuk melihat kondisi banjir. (BG/DS)











TRENDINGMore