EKONOMINEWSPERISTIWASUMUT

Beli Gas Elpiji 3 Kg Harus Pakai Aplikasi MyPertamina

Sabtu, 14 Januari 2023, 18:57 WIB
Last Updated 2023-01-14T11:57:26Z

Petugas pengisian LPG yang tengah sibuk mempersiapkan dan memasukkan LPG kedalam mobil truk .


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Pemerintah melakukan uji coba pembelian liquefied petroleum gas (elpiji) 3 kilogram dengan menggunakan aplikasi MyPertamina.


Uji coba pembelian elpiji 3 kilogram ini telah dilakukan secara terbatas yakni hanya di lima kota/kabupaten.


Terkait dengan hal ini, untuk di wilayah Sumbagut, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut tengah melakukan uji coba model subsidi tepat untuk pembelian elpiji 3 kilogram kg di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.


Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Region Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Freddy Anwar mengatakan dirinya berpikir hal ini masih membutuhkan waktu dikarenakan pembelian elpiji berbeda pelayanannya dengan SPBU.


Freddy mengatakan melalui uji coba ini Pertamina Patra Niaga Sumbagut akan melihat bagaimana animo kondisi yang berkembang di masyarakat.


"Ini perlu dijelaskan elpiji 3 kg telah tertulis kalau gas subsidi itu diperuntukkan bagi masyarakat miskin. Tetapi faktanya tetap masih ada pihak yang mengaku-ngaku miskin meskipun aslinya tidak seperti itu, "


"Jadi saya mengimbau kepada masyarakat, kalau memang itu bukan peruntukkannya, jangan lah pakai elpiji 3 kg, pakailah Bright Gas," ujarnya saat diwawancarai awak media beberapa waktu yang lalu.


Freddy juga menjelaskan selain untuk masyarakat miskin, pelaku UMKM juga merupakan termasuk golongan yang diperuntukkan menggunakan gas bersubsidi tersebut.


Ia menambahkan meskipun pendataan dari pihak terkait lainnya sudah lengkap dan jelas namun untuk pelaksanaan kebijakan subsidi tepat sasaran ini akan dilakukan secara bertahap.


Dalam kesempatan yang berbeda, pemerintah berencana melakukan penjualan elpiji 3 kg atau gas melon hanya pada penyalur-penyalur resmi.


Maka aturan tersebut akan menyebabkan penyaluran atau penjualan pada tingkat pengecer seperti warung kecil tak lagi ada dan masyarakat hanya dapat langsung membeli elpiji 3 kg di sub penyalur.


Terkait dengan hal ini, Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria menerangkan bahwa pihaknya akan mengikuti arahan pusat terkait uji coba pembelian elpiji 3 kilogram.


Ia mengatakan penyaluran elpiji 3 kg subsidi oleh Pertamina berdasarkan pada kuota yang ditentukan oleh pemerintah sehingga penyalurannya harus tepat sasaran.(BG/MED)

TRENDINGMore