DAERAHNEWSPERISTIWASUMUT

Hj Nawal Lubis Lantik PD-GPMB Deliserdang 2023-2027

Rabu, 25 Januari 2023, 20:33 WIB
Last Updated 2023-01-25T13:33:19Z
Ketua PD-GPMB Provinsi Sumatera Utara Hj.Nawal Lubis Edy Rahmayadi menyerahkan bantuan buku kepada Ketua PD-GPMB Kabupaten Deliserdang Hj.Yunita Ashari Tambunan di Balairung Pemkab Deliserdang, Rabu (25/1).


LUBUKPAKAM-BERITAGAMBAR :

Ketua Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PD-GPMB) Provinsi Sumatera Utara Hj.Nawal Lubis Edy Rahmayadi melantik Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PD-GPMB) Kabupaten Deliserdang Periode 2023-2027 di Balairung Pemkab Deliserdang, Rabu (25/1).


Pelantikan turut dihadiri Bupati Deliserdang H.Ashari Tambunan, Plt.Kadis Perpustakaan dan Arsip Provsu Dwi Endah Purwati, Rektor UNU-SU Dr.Ibnu Affan, SH, M.Hum, Staf Ahli bidang Ekbang Hj.Syarifah Alwiyah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Putra Jaya Manalu, beberapa Kepala OPD, Kabag Kesra Syahrul, Kabag Umum Wagino Sadjali, Kabag Prokompi Ari Mulyawan Simatupang dan Camat se Deliserdang.


Diawal sambutannya, Hj.Nawal Lubis Edy Rahmayadi menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Deliserdang yang telah memberikan dukungan dan dorongan untuk pembentukan Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PD-GPMB) hingga terselenggaranya acara pelantikan.


Hj.Nawal Lubis Edy Rahmayadi menjelaskan, dalam ajaran islam pertama kali Alqur’an mengawali ajarannya dengan perintah untuk membaca yaitu iqro’. Begitu pentingnya membaca sehingga perintah inilah yang pertama kali di wahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Membaca merupakan jendela dunia, dengan membaca dapat meningkatkan kemampuan tidak hanya secara kognitif namun juga efektif. Membaca tidak hanya meningkatkan kualitas intelektual namun juga menata emosional agar menjadi pribadi yang matang dalam menghadapi tantangan di era global dan keterbukaan masa sekarang.


“Dengan adanya Pengurus GPMB di Kabupaten Deliserdang ini diharapkan kegiatan literasi di Sumatera Utara bisa lebih ditingkatkan dan lebih baik lagi karena literasi di Sumatera Utara masih menduduki rangking yang kurang baik di Indonesia. Untuk itu mari kita bersama-sama Pengurus Daerah GPMB Kabupaten Deliserdang yang baru dilantik bisa membangkitkan kembali minat-minat baca yang ada di Deliserdang karena Deliserdang banyak pegiat literasi yang sangat bagus”harapnya.


Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca akan dibantu oleh perpustakaan. Indeks kemajuan suatu negara itu dilihat dari perpustakaan yang bagus serta musium. “Dengan adanya GPMB mari kita bersama-sama bahwa perpustakaan itu sangat penting buat semua untuk memajukan kesejahteraan di Sumatera Utara khususnya Deliserdang”ajak Ketua TP PKK Provsu ini.


Ketua PD-GPMB Kabupaten Deliserdang Hj.Yunita Siregar Ashari Tambunan dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak khususnya Ketua PD-GPMB Provinsi Sumatera Utara yang memberikan kepercayaan dan dukungan kepadanya untuk menjadi Ketua PD-GPMB Kabupaten Deliserdang Periode 2023-2027.


“Kami menyadari bahwa amanah ini merupakan tugas yang sangat mulia yang tujuan akhirnya adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang tertuang dalam UUD 1945"tegas Hj.Yunita.


Menurutnya, dibentuknya PD-GPMB bertujuan untuk meningkatkan minat baca khususnya masyarakat di Kabupaten Deliserdang agar terwujud masyarakat yang maju dan sejahtera sehingga masyarakat bisa lebih kompetitif dan bersaing dengan Kabupaten/Kota lainnya.


Sementara itu, Bupati Deliserdang H.Ashari Tambunan dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Deliserdang kepada Hj.Nawal Lubis Edy Rahmayadi beserta rombongan dengan harapan memperoleh kesan yang baik tentang Deliserdang yang merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Utara.


"Tidak dapat dipungkiri bahwa membaca merupakan salah satu cara untuk mencerdaskan kehidupan manusia, namun hingga saat ini kebiasaan membaca belum sepenuhnya menjadi budaya dalam masyarakat"tegas Bupati.


Menurut Bupati, kondisi dimana membaca belum sepenuhnya menjadi budaya dalam masyarakat mungkin disebabkan karena sebahagian masyarakat lebih disibukkan dengan pemenuhan kebutuhan pokok sehingga membaca belum dianggap sebagai kebutuhan yang penting dan utama terlebih dengan melihat berbagai perkembangan dan perubahan yang saat ini terjadi terutama pada generasi muda yang gemar bermain media sosial dan tidak menggunakannya untuk hal positif tentu akan mengurangi minat baca anak muda.


Kabupaten Deliserdang dengan visi dan misinya mewujudkan Deliserdang yang maju sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan tentu memerlukan SDM yang unggul dan cerdas. Dalam mewujudkan SDM yang unggul dan cerdas tersebut harus diawali dengan meningkatnya minat dan budaya gemar membaca masyarakat.


"Pemkab Deliserdang sudah melakukan beberapa upaya dalam membangun animo masyarakat untuk gemar membaca salah satunya dengan membangun Perpustakaan yang bergaya modern dan juga mempromosikannya sebagai wahana belajar mandiri yang lebih baik dan nyaman layaknya area rekreasi serta menggalakkan gerakan nasional gemar membaca melalui perpustakaan baik dilingkungan keluarga, sekolah, masyarakat maupun pemerintah"ungkap Bupati.


Susunan Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Kabupaten Deliserdang yang dilantik sesuai SK Nomor 04/GPMB/SU-I/2023 yakni Ketua Hj.Yunita Siregar Ashari Tambunan, Ketua I Hj.Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua II Hj.Boya Yanti Timur Tumanggor, Sekretaris Aminatuzzahra Mukti Ali Harahap, Sekretaris I Hj. Rismawati Banuarea, Bendahara Melyati Br Meliala, Wan Syafrida dilengkapi beberapa seksi.(BG/DS)









TRENDINGMore