DAERAHNEWSSUMUT

Percepatan Penurunan Angka Stunting Pengaruhi Pembangunan Manusia

Minggu, 15 Januari 2023, 07:45 WIB
Last Updated 2023-01-15T00:45:01Z

 

Wali Kota Susanti Dewayani pose bersama dengan Keluarga Besar DIKA FK USU yang mengadakan pengabdian masyarakat dalam rangkaian HUT ke-64 DIKA FK USU di Balai Bolon lapangan H. Adam Malik.


P. SIANTAR-BERITAGAMBAR : 

Percepatan penurunan angka stunting merupakan program yang sangat penting, karena mempengaruhi pembangunan manusia yang lebih berdaya saing di masa depan.


Wali Kota Susanti Dewayani menyatakan hal itu saat mengajak Departemen Ilmu Kesehatan Anak (DIKA) Fakultas Kedokteran Anak (FK) Universitas Sumatera Utara turut membantu menurunkan angka stunting saat DIKA FK USU itu mengadakan pengabdian masyarakat berkaitan dengan HUT ke-64 mereka di balai bolon lapangan H. Adam Malik, Sabtu (14/1).


Menurut Wali Kota, program percepatan penurunan stunting merupakan salah satu focus Pemko Pematangsiantar yang membutuhkan penyelesaian multi struktural..


Saat ini, lanjut Wali Kota, angka stunting di Pematangsiantar tercatat sekira 15 persen dan masih lebih rendah dari angka stunting Provsu yang berada di angka 20 persen.


“Pemko Pematangsiantar mempunyai komitmen yang tinggi agar di 2024 angka stunting lebih rendah dari 14 persen,” tegas Wali Kota.


Karena itu, lanjut Wali Kota, butuh sinergitas seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah maupun swasta untuk bersama-sama dalam menurunkan angka stunting.


“Di 2045, Indonesia akan memsuki bonus demografi, karena jumlah usia produktif jauh lebih besar daripada lanjut usia,” imbuh Wali Kota.


Sebelumnya, Ketua Panitia dr. Rita Evalina Rusli menjelaskan kegiatan pengabdian masyarakat itu dapat terlaksana atas dukungan penuh Wali Kota Pematangsiantar.


Dalam HUT ke-64, lanjut dr. Rita, DIKA FK USU juga menggelar edukasi tentang kesehatan bayi dan pemeriksaan kesehatan pada bayi, seperti pengukuran berat badan, tinggi badan dan kesehatan bayi serta pemeriksaan bayi dan pengumuman lomba bayi sehat.


“Kami optimis di tangan dr. Susanti Dewayani selaku Wali Kota yang berlatar belakang dokter anak, kesehatan anak akan semakin terfokuskan. Semoga pengabdian masyarakat ini bermanfaat buat kita semua,” harap dr. Rita.


Tampak hadir saat itu, Plt Kadis Kesehatan Pemko dr. Erika Silitonga, Plt Kadis PPKB Hasudungan Hutajulu bersama seluruh jajaran, Keluarga Besar DIKA FK USU, para dokter dan lainnya.(BG/PS).






TRENDINGMore