NEWSPARIWISATAPERISTIWASUMUT

Ribuan Pengunjung Padati Taman Wisata Iman Sidikalang

Selasa, 03 Januari 2023, 16:39 WIB
Last Updated 2023-01-03T09:41:00Z

Objek wisata Taman Wisata Iman Sidikalang.


DAIRI-BERITAGAMBAR :

Hari ketiga Tahun Baru, Taman Wisata Iman (TWI) di Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara ramai dipadati pengunjung.


Para pengunjung Taman Wisata Iman Dairi yang datang tidak hanya warga dari sekitar Dairi saja, namun warga dari luar juga banyak mengunjungi objek wisata kebanggaan masyarakat Dairi ini.


Pantauan Wartawan, Selasa (3/1), sejak pagi antrean kendaraan terjadi saat memasuki pintu gerbang Taman Wisata Iman Dairi.


Banyaknya pengunjung yang datang membuat petugas lokasi wisata sibuk mengatur kendaraan yang berada di lapangan parkir.


Lapangan parkir yang ada pun tidak muat menampung kendaraan yang datang, sehingga banyak kendaraan yang harus parkir di luar tempat parkir.


Kabid Pariwisata Disparbudpora Dairi, Ripmo Padang, mengatakan, selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ribuan pengunjung memadati lokasi wisata TWI Sitinjo, sehingga melelahkan bagi petugas di TWI Dairi.



"Walau lelah, kami sangat puas dengan banyaknya jumlah pengunjung yang datang ke TWI," ucapnya.


Disebutkannya, untuk pengunjung yang datang dilihat dari nomor plat kendaraan yang masuk kebanyakan dari warga luar daerah.


"Sekitar 80 persen pengunjung yang datang dari luar daerah," sebutnya.


Menurutnya, spot wisata di taman wisata religi yang banyak di datangi pengunjung selama libur Nataru adalan Taman Firdaus, Patung Bunda Maria, Betlehem dan Bukit Golgota.


"Setiap libur Nataru lokasi wisata tersebut selalu ramai didatangi pengunjung," terangnya.



Untuk tiket masuk ke TWI sampai saat ini, disampaikan Ripmo tidak ada kenaikan dan masih normal yakni Rp. 10.000 dan anak-anak Rp. 5.000. sedangkan biaya parkir untuk kendaraan roda dua Rp. 2000, roda empat 5000 dan roda enam Rp 7000.


"Tahun 2024 rencananya tiket masuk akan kami naikan, itupun bila disetujui anggota DPRD Dairi," ujarnya.


Ditambahkannya, keramaian pengunjung juga terjadi di lokasi wisata lannya, seperti di Tao Silalahi (Danau Toba) di Kecamatan Silahisabungan, Parhonasan di Kecamatan Lae Parira, Puncak Sidiangkat Kecamatan Sidikalang, Leter Z Kecamatan Siempat Nempu Hulu dan Lau Timah di Kecamatan Tanah Pinem.



"Walaupun ramai didatangi pengunjung, lokasi tersebut tidak ada menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemkab Dairi," tuturnya.(BG/DAI)

TRENDINGMore