DAERAHINFRASTRUKTURNEWSSUMUT

Badan Jalan Jembatan Titi Besi Batas Deli Serdang-Sergai Rusak Lagi

Jumat, 17 Februari 2023, 11:49 WIB
Last Updated 2023-02-17T04:49:46Z
Sejumlah titik badan jalan pada Jembatan Titi Besi batas Kabupaten Deli Serdang dengan Serdang Bedagai,, sudah rusak lagi. Padahal baru selesai diperbaiki 2 bulan lalu.



DELISERDANG-BERITAGAMBAR :

Sejumlah titik badan jalan pada Jembatan Titi Besi batas Kabupaten Deli Serdang- Serdang Bedagai (Sergai), sudah rusak lagi.



Padahal jalan pada Jembatan Titi Besi batas Deli Serdang- Sergai itu baru selesai diperbaiki sekitar 2 bulan lalu


Pengamatan wartawan, Jumat (17/2), timbul titik kerusakan baru akibat kerusakan jalan di Jembatan Titi Besi batas Deli Serdang- Sergai tersebut, yaitu persis di bagian tengahnya dengan kondisi aspal sekitar hampir semeter sudah keropos dan besi pondasi yang menganga.



Selain itu, jalan pada Jembatan Titi Besi yang baru diperbaiki di November 2022 pun, juga tampak dalam kondisi mulai rusak. Posisinya persis di bagian tengah dari jembatan. Sejumlah besi sebagai pondasi aspal terlihat telah menyembul ke atas. Kondisi tersebut baru berlangsung dua hari ini.


"Kurasa bulan depan uda mutar lagi dari Pulau Gambar ini," keluh seorang supir ekspedisi kepada wartawan di lokasi jembatan itu.


Supir muda yang kerap melintas di Jalan Lubukpakam-Dolok Masihul ini sangat menyayangkan bilamana Jembatan Titi Besi kembali rusak dan ditutup.


"Mau enggak maulah lewat jalan lintas utama, padahal menjelang akhir tahun lalu (Jembatan Titi Besi) baru diperbaiki, eh ini sudah mau hancur lagi. Tentu tambah jauh kalaupun mutar dari Pulau Gambar menuju Tebing Tinggi," ungkapnya.



Padahal sebenarnya, ujar supir, jalan alternatif tersebut lebih dekat mengarah ke Kota Tebing Tinggi. Dibanding harus lewat jalan utama maupun melalui Jalan Pulau Gambar yang cukup memakan waktu dan kondisi jalan yang sempit, lantaran melewati banyak pemukiman penduduk.


"Membantu kami kali kalau lewat dari sini (Lubukpakam-Dolok Masihul). Lebih cepat, kendaraan pun tidak begitu padat seperti dari jalur utama.


Catatan wartawan, perbaikan jalan pada Jembatan Titi Besi atau juga dikenal sebagai Jembatan Sei Ular, telah dilakukan 2kali, yakni sejak 2021 dan 2022.



Pada tahun anggaran 2021, Pemprov Sumut melalui instansi terkait sudah memperbaiki Jembatan Titi Besi namun usianya hanya bertahan sekitar delapan bulan saja, sebelum mengalami kerusakan kembali.


Selanjutnya di November 2022, pengerjaan perbaikan pada dua titik kerusakan jalan Jembatan Titi Besi itu dilakukan lagi. Penyelesaian pekerjaannya yang jelang tahun baru tersebut pun, memaksa masyarakat mesti memutar dari jalan Desa Tambak Cekur dan Desa Pulau Gambar (jika dari arah Kecamatan Galang).


Diketahui, Jembatan Titi Besi ini merupakan penghubung antar tiga kabupaten/kota, yakni Deli Serdang, Sergai, dan Tebing Tinggi. Sehingga kewenangannya menjadi domain Pemerintah Provinsi Sumut.


Mayoritas pengguna jalan yang melewati rute dimaksud selain masyarakat sekitar, ialah para sopir angkutan barang, galian C, tangki, dan sejenisnya.


Jalur alternatif ini pun masih menjadi primadona masyarakat yang ingin menuju ke Kota Tebing Tinggi dan Kota Pematang Siantar, meski jalur tol Medan-Tebing Tinggi sejak beberapa tahun lalu telah dibuka oleh pemerintah.(BG/DS)

TRENDINGMore