EKONOMINEWSSUMUT

Dubes Negara Sahabat Borong Produk UMKM Sumut

Kamis, 09 Februari 2023, 11:41 WIB
Last Updated 2023-02-09T04:41:50Z
Dubes Negara Sahabat Borong Produk UMKM Sumut.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Para Duta Besar (Dubes) negara-negara sahabat memborong berbagai produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sumatera Utara (Sumut), saat mengunjungi Shoroom Dewan Kerajinan Daerah (Dekransda) Sumut di Jalan Iskandar Muda Nomor 272 Medan, Rabu (8/2).


Kunjungan para Dubes Negara Sahabat tersebut serangkaian kegiatan Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 di Sumut. Mereka disambut Ketua Dekranasda Sumut Nawal Lubis, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut Mulyadi Simatupang, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut Aspan Sofian dan Sekretaris Dekrnasda Sumut Lely Hasnah Siregar.


Nawal Lubis pun memperkenalkan kepada para Dubes, satu persatu produk wastra yang ada di stan Dekranada, yang merupakan hasil kerajinan pelaku UMkM di Sumut. Mulai dari ulos, songket Melayu, kain tenun, batik, tas, hingga reflika rumah adat.


“Ini semua adalah hasil kerajinan para pelaku UMKM dari berbagai daerah kabupaten/kota di Sumut, yang berada di bawah binaan kita,” ujar Nawal Lubis.


Nawal Lubis mengatakan kunjungan para Dubes negara-negara sahabat ini merupakan suatu kebanggaan bagi Dekransda Sumut. Diharapkan dengan kunjungan mereka dapat memperkenalkan wastra Sumut di mancanegara, sehingga bisa mendongkrak para pelaku UMKM untuk naik kelas.


Tidak hanya melihat-lihat, para Dubes juga memborong berbagai jenis hasil kerajinan UMKM Sumut tersebut. Mulai dari ulos, songket Melayu, kain tenun, batik, tas, hingga reflika rumah adat. Selain untuk dipakai sendiri, menurut mereka, hasil kerajinan asli Sumut tersebut juga akan dibagikan kepada para kerabat, rekan dan sahabat sebagai oleh-oleh dari Sumut.(BG/MED)



TRENDINGMore