NASIONALNEWSPERISTIWASUMUT

HPN 2023 Jokowi: Berita Komersil, Konten Sensasional Tak Boleh Mendominasi

Kamis, 09 Februari 2023, 17:19 WIB
Last Updated 2023-02-09T10:19:15Z
Presiden Jokowi menegaskan berita komersil dan konten-konten recehan tidak boleh mendominasi di masyarakat pada puncak HPN 2023 di GSG Pancing Deli Serdang.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), menegaskan kepada seluruh insan pers Indonesia bahwa dunia pers saat ini tidak sedang baik-baik saja.


"Saya ulangi, dunia pers tidak sedang baik-baik saja," ujar Presiden Jokowi berpesan dalam sambutannya pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023, di Gedung Serbaguna (GSG), Jalan Williem Iskandar, Pancing, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (9/2).


Presiden RI Jokowi mengatakan isu utama pers seperti yang selama ini digaungkan, sudah berubah.


Dulu, sebut Jokowi, isu utama dunia pers adalah kebebasan pers. Hal itu yang selalu disuarakan. Tapi sekarang apakah isu utama apa tetap sama? "Menurut saya sudah bergeser, karena orang bebas, apalagi masa sekarang ini," kata Jokowi.



"Pers saat ini mencakup di seluruh media informasi yang bisa tampil dalam platform digital. Semua orang bebas membuat berita dan sebebas-bebasnya," ujar Jokowi.


Lebih lanjut Presiden Jokowi masalah yang terutama saat ini adalah membuat berita yang bertanggung jawab. Pasalnya masyarakat kebanjiran berita dari media sosial dan media digital lainnya, termasuk platform-platform asing.




Lantas ia menyoroti pemberitaan informasi yang sifatnya sensasi, yang dikendalikan algoritma raksasa digital yang cenderung mementingkan sisi komersial saja.


"Dan hanya akan mendorong konten-konten recehan yang sensasional. Sekarang banyak sekali dan mengorbankan isi dan jurnalis yang otentik. Ini yang kita akan semakin kehilangan," kata Jokowi.



Presiden Jokowi pun menegaskan berita-berita komersil dengan konten-konten recehan yang sensasional, tidak boleh mendominasi di masyarakat.


"Media konvensional semakin terdesak dalam peta pemberitaan," ujar Jokowi.(BG/MED)


TRENDINGMore