DAERAH ASLABNEWSPERISTIWASUMUT

Pelayaran Perdana Tanjungbalai-Malaysia Pasca Covid-19 Dibuka

Rabu, 08 Februari 2023, 19:32 WIB
Last Updated 2023-02-08T12:33:18Z

Pelayaran internasional perdana dari Tanjung Balai ke Malaysia  

 


TANJUNGBALAI-BERITAGAMBAR : 

Pelayaran penumpang internasional Pelabuhan Teluknibung, Kota Tanjungbalai (Indonesia) tujuan Port Dickson (Malaysia) resmi dibuka, Rabu (8/2) sekira pukul 07.30 WIB.


Peresmian ini ditandai dengan pelepasan tali tambatan dari dermaga oleh Wali Kota Tanjungbalai, Waris Tholib didampingi Forkopimda dan seluruh pemangku kepentingan pelabuhan. Turut hadir, Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumut, Ignatius Purwanto.


Wali Kota dalam sambutannya mengatakan, pengoperasian perdana pelayaran dan Pelabuhan Teluknibung ini sudah menjadi kerinduan masyarakat Kota Tanjungbalai sejak ditutup karena pandemi covid 19. Wali Kota berharap semua sistem berjalan dengan baik, tidak ada perilaku yang dapat menimbulkan kesan buruk terhadap Kota Tanjungbalai dan Pelabuhan Teluknibung.  

Wali Kota Tanjungbalai Waris Tholib bersama Forkopimda plus meresmikan pengoperasian kapal dan Pelabuhan Teluknibung.


"Kita semua menjunjung tinggi akhlak yang baik, kata orang Tanjungbalai, jangan puak labu, jangan sok hebat, sok paten, tetapi yang harus diutamakan ialah perilaku baik, sopan, dan santun," ucap Wali Kota. 


Wali Kota mengimpikan kedepan banyak pelancong luar negeri yang akan masuk ke Indonesia melalui Pelabuhan Teluknibung seperti Singapura, Filipina, dan negara lainnya. Wali Kota mengucapkan terimakasih kepada PT Pelayaran Nasional Malindo Bahari (Malindo) Cabang Tanjungbalai Asahan yang telah bersedia membuka pelayaran untuk membantu perekonomian masyarakat si 'Kota Kerang'.


Wali kota menjelaskan dalam waktu dekat akan dilakukan pengerukan alur Sungai Asahan agar lancar dilalui kapal ferry dan kargo. Selama ini ucapnya, sedimentasi tinggi mengharuskan lalu lintas kapal mengandalkan pasang surut air laut. 


"Kita akan keruk sungainya, pasirnya dijual, sehingga lalu lintas kapal menjadi lancar," tegas wali kota. Terkait infrastruktur jalan di sekitar Pelindo, wali kota berjanji akan melakukan pembenahan secara bertahap.


Soal vaksinasi, wali kota menegaskan secara teknis sudah aman, semua penumpang diperbolehkan berangkat ke Malaysia. 


Turut hadir, GM PT Pelindo Cabang Tanjungbalai M Azmi, Kakan KSOP TBA Syafrizal, Kakanim Kelas II TPI TBA, Anjaryono, Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Franky Susanto SE, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang, Kapolres Tanjungbalai AKBP Ahmad Yusuf Afandi, Kapolres Asahan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Kajari TBA Rufina Ginting, dan seluruh undangan. (BG/TBA)




TRENDINGMore