DAERAHNEWSSUMUT

Pematang Siantar Salah Satu Penyangga Destinasi Wisata Danau Toba

Minggu, 12 Februari 2023, 07:07 WIB
Last Updated 2023-02-12T00:07:57Z

 

Wali Kota Susanti Dewayani (tiga kanan) menyerahkan cendramata saat menerima kunjungan pengurus Perhimpunan Inti Pusat di ruang serbaguna BP3D Pemko Pematang Siantar.


P. SIANTAR-BERITAGAMBAR : 

Kota Pematangsiantar sebagai salah satu daerah penyangga Destinasi Wisata Super Prioritas Danau Toba, tidak hanya menjadi kota transit, tapi telah siap menjadi destinasi wisata serta destinasi kesehatan.


Wali Kota Susanti Dewayani menyampaikan hal itu di hadapan para pengurus Perhimpunan Indonesia Tionghoa (Inti) Pusat di ruang serbaguna BP3D Pemko Pematangsiantar, Sabtu (11/2).


Dalam pertemuan yang hangat dan penuh kekeluargaan serta mengawalinya dengan makan siang bersama, berterimakasih kepada pengurus Perhimpunan Inti Pusat yang telah hadir di Pematangsiantar.


"Kami merasa tersanjung, Pematangsiantar menjadi salah satu daerah yang mendapat kunjungan dari pengurus Perhimpunan Inti Pusat," lanjut Wali Kota.


Menurut Wali Kota, Perhimpunan Inti memiliki komitmen untuk meningkatkan perekenomian Indonesia terutama di daerah.


Pada kesempatan itu, Wali Kota memaparkan sejumlah potensi di Pematangsiantar seperti beberapa bangunan tua peninggalan Belanda serta lokasi Pematangsiantar yang strategis antara Kota Medan dan Destinasi Wisata Super Prioritas Danau Toba. 


“Sebagai salah satu daerah penyangga Danau Toba dengan masyarakat yang pluralisme, Pematangsiantar sudah berbenah diri agar masyarakat dari daerah lain datang berkunjung,” sebut Wali Kota.  


Selain menjadi destinasi wisata, lanjut Wali Kota, Pematangsiantar berpotensi menjadi destinasi kesehatan. “Dengan lokasi yang strategis, di Pematangsiantar ada sembilan rumah sakit (RS), baik tipe B maupun tipe C dan sejumlah fasilitas kesehatan.”


Apalagi, imbuh Wali Kota, RSUD dr. Djasamen Saragih saat ini telah memiliki Cath Lab atau Laboratorium Kateterisasi dan Intervensi Jantung. 


“Kita akan terus meningkatkan pelayanan, hingga Pematangsiantar menjadi destinasi kesehatan" tegas Wali Kota.


Sementara, Ketua Umum Perhimpunan Inti Pusat Teddy Sugianto melalui Wakil Ketua Umum Bidang Bisnis Tomi Wistan menjelaskan Perhimpunan Inti merupakan organisasi kebangsaan yang tidak hanya bergerak di kegiatan sosial. “Perhimpunan Inti berusaha memberikan manfaat untuk nusa dan bangsa.”


Teddy memaparkan Perhimpunan Inti telah melakukan sejumlah kegiatan sejak organisasi itu berdiri 23 tahun lalu. “Mulai membantu penanganan tsunami dan mempercepat program vaksinasi Covid-19.” 


Tomi menambahkan, sebelum ke Pematangsiantar, Perhimpunan Inti Pusat telah melakukan kunjungan ke Kab. Tapanuli Utara (Taput), Humbang Hasundutan (Humbahas) dan Toba. 


Kegiatan ramah-tamah berakhir dengan pemberian cenderamata dari Wali Kota kepada sejumlah pengurus Perhimpunan Inti. 


Tampak hadir tokoh masyarakat Sumut Parlindungan Purba, Sekjen Perhimpunan Inti Pusat Candra Jap, Bendahara Umum Esty Lawrance, Ketua Bidang Bisnis Kendro Setiawan, Wakil Ketua Marliana Lie, Bidang Bisnis Andro Hartanto.        


Kemudian, Ketua Yec Inti Sumut Hendy Ong, Ketua Perhimpunan Inti Pematangsiantar Tjonggah Ika, Chen Huada, Lin Tong, Lin Zhen Chen, para asisten dan staf ahli Pemko, sejumlah pimpinan OPD Pemko dan lainnya.(BG/PS).




TRENDINGMore