INFORMASINEWSTEKNOLOGI

Simak Trik Menjepret Profesional Hanya dari Hp

Kamis, 09 Februari 2023, 12:26 WIB
Last Updated 2023-02-09T05:47:48Z
Memotret Menggunakan Hp | sumber foto: https://unsplash.com/photos/lfCoM9Rjtk4?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

BERITAGAMBAR:

Sekarang ini kamera Handphone alias Hp sudah sangat beragam. Masing-masing merk Hp memiliki berbagai fitur kamera yang berbeda-beda. Hal itu membuat foto yang dihasilkan pun sangat beragam. Tak jarang hasilnya mirip dengan foto profesional yang diambil dengan kamera digital. Untuk melakukan itu, Anda harus paham trik menjepret secara profesional pakai kamera Hp.

Kamera Hp kini sudah dilengkapi dengan berbagai tipe lensa dengan fitur yang bisa mempermudah dalam memotret. Meski demikian, hasil yang didapatkan tidak selalu maksimal. Karena meskipun pengaturan kamera Hp sudah mirip kamera digital, kemampuan lensa tidak bisa sebanding dengan kamera digital.

Oleh karena itu, untuk memaksimalkan hasil foto menggunakan Hp, trik menjepret yang khusus harus dilakukan. Tak perlu khawatir, untuk bisa mendapatkan hasil foto profesional menggunakan Hp sebenarnya tidaklah susah. Simak beberapa tips mendapatkan hasil foto profesional hanya menggunakan Hp di bawah ini;

Trik Menjepret Profesional Hanya dari Hp

1. Pilih Obyek yang Menarik & Spesifik
Hal pertama untuk mendapatkan foto yang menarik dan profesional adalah obyek yang difoto harus juga menarik. Keunikan obyek yang difoto akan menambah value sebuah foto sehingga hasilnya akan dianggap lebih menarik dari foto-foto lain yang obyeknya terlalu umum.

2. Perhatikan Sumber Cahaya
Kemampuan kamera Hp dan kamera digital dalam menangkap cahaya tentunya berbeda. Meski kamera sudah memiliki resolusi mega pixel yang besar, kemampuan dalam mengambil cahaya masih tetap berbeda jika dibandingkan dengan kamera digital. Oleh karena itu, cahaya adala unsur penting dalam mendapatkan foto profesional menggunakan Hp. Utamakan menggunakan pencahayaan alami dari matahari, Apabila tidak memungkinkan, gunakan lampu khusus untuk fotografi.

3. Fokus Pada Satu Obyek
Untuk mendapatkan hasil foto yang profesional meski menggunakan Hp, disarankan Anda memfokuskan kamera pada titik yang spesifik. Manfaatkan autofocus dari kamera, hal ini akan memberikan ketajaman yang berbeda dengan obyek-obyek pendukung. Hal ini akan membuat foto tampak lebih profesional dari pada foto yang fokusnya luas.

4. Pahami Rule of Thrids
Tampilan kamera Hp ada  yang menggunakan garis pembagi kotak-kotak. Hal itu ada bukan tanpa alasan. Karena garis pembagi itu merupakan rule of thrids, sebuah teori fotografi yang berfungsi untuk membuat foto tampak lebih estetik. Rule of thrids merekomendasikan bahwa Anda harus memosisikan obyek utama dalam foto di sepertiga dalam frame foto.

5. Gunakan Tripod
Meski terkesan lebih ribet, namun menggunakan tripod bisa meningkatkan hasil foto menjadi lebih maksimal. Apabila Anda menggunakan mode manual dan mengatur shutter speed untuk durasi yang cukup lama, maka tripod adalah alat penting agar Hp tetap stabil selama foto diproses.

6. Manfaatkan Fitur HDR
Apabila kamera Hp Anda  sudah mendukung fitur HDR, maka maksimalkanlah. Fitur ini bisa membuat hasil jepretan tajam. Melalui bantuan tripod dan memaksimalkan fitur HDR, maka hasil foto pasti akan lebih baik.

7. Pilih Angle Terbaik
Angle atau sudut pemotretan merupakan unsur penting yang bisa membuat foto biasa saja menjadi foto profesional dan estetik. Oleh karena itu, latihlah kepekaan Anda dalam memilih sudut pemotretan. 

Itulah trik menjepret foto menggunakan Hp agar mendapatkan hasil bak fotografer profesional.  Selain cara-cara di atas, Hp dengan kamera mumpuni juga sangat membantu dalam mendapatkan hasil maksimal.

Salah satu Hp yang memiliki kamera super keren adalah Xiaomi 12 Lite 5G. Smartphone yang dirilis di Indonesia pada pertengahan 2022 ini memiliki kamera utama yang tak main-main, yakni 108MP. Kamera super tajam itu akan memberikan hasil foto bak fotografer profesional.

Apabila Anda ingin mendapatkan xiaomi 12 lite 5g, Anda bisa mendapatkannya dengan harga terbaik di Blibli. Smartphone yang dijual di Blibli pasti original dan bergaransi resmi, sehingga pembeli tak perlu khawatir mendapatkan barang palsu.

Belanja di Blibli berkesempatan mendapatkan cashback menarik. Tak hanya itu, belanja di Blibli pasti lebih hemat karena dijamin gratis ongkos kirim. 

TRENDINGMore