DAERAHNEWSSUMUTTABAGSEL

1 Penambang Emas Tewas dan Tiga Dirawat di Puskesmas di Madina

Minggu, 19 Maret 2023, 09:39 WIB
Last Updated 2023-03-19T02:39:23Z

Pekerja penambang emas. Ilustrasi 

MADINA-BERITAGAMBAR : 

Diduga kehabisan oksigen, 4 warga jadi korban pertambangan emas ilegal dan 1 meninggal dunia di Desa Ampung Padang, Kecamatan Batangnatal, Kabupaten Mandailing Natal, Sabtu (18/3).


“Kejadian ini sekira pukul 16.00 WIB. Satu meninggal dunia dan tiga warga yang menjadi korban dirawat di Puskesmas Muarasipongi,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madina Mukhsin Nasution, Minggu (19/3).


Dia menjelaskan, petugas BPBD Madina, Sulpadi, berada di lokasi, kemudian melaporkan, satu orang meninggal dunia Sahri Lubis (37), sedangkan tiga korban dirawat: Arsad Lubis (46), Rahmad Lubis (31), Jumahat Lubis (49). “Keempat korban warga Ampang Padang,” ujar Mukhsin Nasution.


Informasi diperoleh, korban meninggal diduga akibat kekurangan oksigen karena macetnya blower penyuplai oksigen ke pekerja tambang berada di dalam galian lobang


Kapolres Mandailing Natal AKBP HM Reza Chairul AS, SIK, SH, MH dikonfirmasi melalui Kapolsek Batang Natal AKP M.Pakpahan, membenarkan telah ada korban jiwa di lokasi Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI).


“Saat ini personel sedang berada di Desa Ampung Padang melakukan olah TKP, penambangan ini dikerjakan secara manual dengan membuat ‘lobang tikus’ di tanah tidak menggunakan alat berat,” ujarnya(BG/MAD)


TRENDINGMore