NEWSOLAHRAGASUMUT

Bangga dan Terharu, Rosa Malau Pewushu Asal Samosir Perdana Ikut Sea Games

Sabtu, 11 Maret 2023, 10:45 WIB
Last Updated 2023-03-11T03:45:43Z

 


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Tim Nasional Wushu Indonesia tengah mengikuti pemusatan latihan (TC) di China, guna menatap perhelatan Sea Games Kamboja, Mei mendatang. Satu di antara atlet yang turut ikut yaitu pewushu Sumut, asal Salaon Kecamatan Ronggurnihuta Kabupaten Samosir adalah Rosa Beatrice Malau.


Rosa, Sabtu (11/3) mengaku hal ini merupakan debutnya menjadi kontingen Tanah Air di ajang bergengsi itu. Selain rasa bangga, ia juga terharu karena bisa lolos menjadi satu di antara atlet yang akan memberi prestasi terhadap negara.


"Pasti bangga bisa mewakili Indoneasia mengikuti Sea Games dan mengikuti TC di China. Orangtua saya juga turut bangga karena anaknya bisa mewakili Indonesia di Sea Games. Pokoknya bangga dan terharu dikasih kesempatan ini," ujarnya.



Rosa menyebut, sebelumnya ia dan kontingen Wushu Indonesia sudah bertolak, pada Rabu (8/3) lalu dan saat ini sudah tiba di China untuk ikut TC. Bilangnya, kontingen Tanah Air belum memulai persiapan karena baru tiba dan sedang istirahat.


Rosa menjelaskan bagaimana proses ia bisa terpilih menjadi bagian dari kontingen Wushu Indonesia. Dikatakannya, sebelum dipanggil untuk ikut pemusatan pelatihan nasional (pelatnas), ia menjuarai beberapa kompetisi.


"Awalnya saya berlatih di PPLP (Sumut) sebelum mengikuti seleksi untuk sirkuit nasional. Dan saat seleksi saya mendapat juara 1 dan mengikuti pelatda di YKWI untuk mengikuti sirkuit nasional di Semarang," katanya.


"Saya meraih medali emas di sirkuit nasional di Semarang dan beberapa minggu setelah pertandingan itu, saya di panggil untuk mengikuti pelatnas di Jakarta," ucapnya lagi.


Meski baru perdana ikut Sea Games, pewushu sanda yang bakal turun di kelas 45 kg ini pun memasang target meraih medali emas. Ia menyadari memang tidak mudah untuk mewujudkannya. 


Namun, dengan latihan yang maksimal bukan tidak mungkin hal itu ia rengkuh. Terlebih, sikap optimistis nya juga didukung oleh keluarganya. Hal ini lah yang membuat Rosa semakin semangat.



"Semangat latihan, fokus latihan dan banyak berdoa. Orangtua juga memesankan itu. Saya saat ini memang fokus latihan teknik, fisik sama mental. Mudah-mudahan dengan TC di China ini juga menambah pengalaman dan berhasil di Sea Games nanti," katanya.


Rosa menilai, melakukan pemusatan latihan di China memiliki perbedaan dengan di Tanah Air, khususnya untuk lawan bertanding. Dikatakannya, partner bertandingnya lebih variatif sehingga bisa mengasah teknik.


"Kayaknya sih tekniknya. Sama kalau di China, partner sparing nya lebih banyak, biar bisa menilai lawan. Kalau latihan di Indonesia sesama satu tempat latihan kan sudah saling tahu. Jadi udah bisa baca cara main lawan gitu," ujarnya.


Disinggung mengenai kendala yang sempat ia alami selama masa persiapan, Rosa mengaku, ia sempat mengalami cidera lutut. Hanya saja cidernya itu sudah berangsur membaik. Ia pun berharap, saat berlaga nanti ia bisa memberikan penampilan yang maksimal.


"Kemarin sempat mengalami cedera lutut, tapi sekarang sudah membaik. Itu aja sih. Ya saya berharap, bisa mengeluarkan apa yang dilatih selama ini dan bisa meraih medali emas," ucapnya.(BG/MED)


TRENDINGMore