NEWSSUMUT

Bupati Zahir Resmikan Gedung BLK Batubara

Selasa, 21 Maret 2023, 15:35 WIB
Last Updated 2023-03-21T08:35:31Z

 

Bupati Batubara Ir. H. Zahir, M.AP meresmikan gedung BLK sekaligus membuka pelatihan berbasis kompetensi yang diikuti 64 calon tenaga kerja (Naker).

BATUBARA-BERITAGAMBAR : 

Bupati Batubara Ir. H. Zahir, meresmikan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Batubara sekaligus membuka pelatihan berbasis kompetensi yang diikuti 64 calon tenaga kerja (Naker) di Desa Petatal Kecamatan Datuk Tanahdatar.


  Bupati Zahir berharap kepada peserta untuk mengikuti pelatihan dengan baik sehingga mendapat kemampuan atau skill sesuai bidangnya.


“Untuk apa kita dapatkan sertifikat tetapi hanya pajangan, tidak bisa dibuktikan dengan keahlian yang dibutuhkan,” tukas Zahir di sela-sela peresmian BLK Kabupaten Batubara yang dihadiri Ketua Kadin Batubara H. OK . Faizal, Ketua Umum Gemkara Batubara Khairul Muslim, Kadis Perikanan, Peternakan Antoni Ritonga, Kadis Kominfo Edwin Sitorus, Iqbal Ibrahim dari BPPP Medan Kementerian Tenaga Kerja.


 Zahir, mengatakan pasca Covid-19 banyak Naker yang menganggur, termasuk 400 Naker dari Malaysia asal Batubara. Pemulang mereka nanti ke Batubara menjadi tanggung jawab kita.


 Karena itu, kehadiran BLK dapat dimanfaatkan untuk menyiapkan Naker yang memiliki skill sesuai kebutuhan kerja di perusahaan-perusahaan maupun mampu membuka usaha secara mandiri dan diberikan modal usaha, ujar Bupati.


  Menurutnya ada 64 peserta yang akan dilatih di BLK Batubara seperti bidang las, menjahit, komputer. “Ini semua harus benar-benar dilatih sehingga mahir”, kata Zahir.


 Pelatihan harus melibatkan perusahaan-perusahaan, sehingga nanti dibuat MoU. Dinas Tenaga Kerja Parindag diminta melakukan komunikasi dengan perusahaan, sehingga setelah dilatih bisa ditindaklanjuti penyalurannya.


 Kepada camat dan kades, agar calon Naker dapat didata, sehingga diketahui bakat yang dimiliki dan dilatih menjadi PRT, penceramah, tenaga admin, dan lain sebagainya.


Zahir mengatakan fasilitas BLK akan terus disempurnakan untuk pelatihan di berbagai bidang keahlian kerja. “Paling tidak saya sudah memenuhi janji saya dengan Gemkara untuk mendirikan BLK dalam menyiapkan Naker kita untuk bersaing di pasar kerja,” ujarnya.


 Ketua Kadin Batubara H. OK Faizal mengatakan, sesuai Perpres No.68/2022, tugas Kadin ikut serta mewujudkan Naker yang kompeten, mendorong lembaga pendidikan menyiapkan tenaga kompeten dan melakukan vokasi pendidikan. Dan mendukung BLK untuk menyiapkan Naker bersertifikasi kompeten diakui BNSP sesuai kebutuhan perusahaan.


 Kadis Nakerprindag Buhari Imran mengatakan, pihaknya terus menyiapkan calon Naker yang kompeten sesuai kebutuhan pasar kerja.


 Tentunya kita melakukannya secara bertahap sesuai fasilitas yang dimiliki BLK sembari malakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Batubara.


 Sebenarnya komunikasi dengan perusahaan-perusahaan sudah dilakukan, pada prinsipnya mereka menyambut baik namun perlu kita lakukan komunikasi secara intensif, tambahnya.(BG/BB)


TRENDINGMore