NASIONALNEWSUMUM

Delapan Rumah Dihantam Angin Puting Beliung di Atim

Rabu, 01 Maret 2023, 19:24 WIB
Last Updated 2023-03-01T12:24:46Z

Rusak berat: Rumah milik Zakir di Gampong Jawa, Idi Rayeuk, Aceh Timur, mengalami rusak berat akibat dihantam angin puting beliung, Rabu (1/3) dini hari. 


ATIM-BERITAGAMBAR : 

Sebanyak delapan unit rumah warga mengalami kerusakan akibat bencana angin puting beliung yang melanda Gampong Tanjong dan Gampong Jawa, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur (Atim), Rabu (1/3) sekira pukul 02:00 WIB.


Meskipun tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Dua dari delapan rumah mengalami rusak berat. Kedua rumah yang rusak berat yaitu milik Nurlela di Gampong Tanjong dan Zakir (Gampong Jawa). Kedua rumah tersebut tergolong rusak parah, selebihnya rusak ringan.


“Hanya dua unit rumah yang mengalami rusak parah yakni milik Zakir dan milik Nurlela. Selebihnya hanya rusak ringan,” kata Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Idi Rayeuk, Rahmad Hidayat.


Dia mengaku telah melihat langsung kondisi rumah yang rusak parah tersebut, termasuk rumah milik Zakir dan Nurlela, karena kedua lokasi tersebut hanya berjarak 1.000 meter dari rumahnya.


“Kita sudah data seluruh rumah yang rusak, baik rusak berat dan rusak ringan. Bahkan kita juga sudah laporkan ke BPBD dan Dinas Sosial Aceh Timur melalui Bidang Linjamsos,” sebut Sayed Juragan, sapaan Rahmad Hidayat.


Kepala BPBD Aceh Timur, Ashadi, Rabu (1/2) membenarkan adanya sejumlah rumah yang rusak akibat dihantam angin puting beliung. “Kerusakan rumah di bagian atap dan dinding, karena angin kencang ikut menyasar bagian atap,” katanya.


Dijelaskan, pihaknya berupaya melakukan koordinasi dengan pihak gampong dan kecamatan. Begitu juga dengan instansi terkait, sehingga ke depan siaga. “Kita berharap warga yang mendiami kawasan pesisir lebih hati-hati, karena angin kencang sedang melanda kawasan pantai timur Provinsi Aceh,” pungkas Ashadi. (BG/NAS)

TRENDINGMore