DAERAHNEWSSUMUTTABAGSEL

Jalinsum Rusak Parah, Warga Palas Ancam Boikot Bayar Pajak

Jumat, 31 Maret 2023, 17:25 WIB
Last Updated 2023-03-31T10:25:18Z
Jalan lintas Sumatera di Kabupaten Palas rusak parah.


PALAS-BERITAGAMBAR : 

Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) wilayah Kabupaten Padanglawas (Palas) yang kondisinya rusak parah membuat warga ancam boikot bayar pajak.


Demikian sejumlah warga pengguna jalan Madayan Nasution, Jum’at (31/3), menyusul kondisi jalan provinsi Sumatera Utara lintas Riau yang keadaannya sangat parah.


Seperti kata Madayan Hasibuan, dari Kecamatan Hutarajatinggi, bahwa para pemilik kenderaan pengangkut sawit sering mengeluh dengan kondisi jalan yang rusak parah.


Tidak hanya membuat kenderaan sering mengalami kerusakan, tetapi juga mengancam keselamatan dan bahkan menimbulkan kecelakaan.


Kondisi ini sudah bertahun-tahun berlangsung, sementara masyarakat di daerah ini terus membayar pajak. Apalagi di wilayah Kecamatan Hutarajatinggi dan Padanglawas banyak perusahaan perkebunan berskala nasional.


Namun kondisi jalan provinsi di sepanjang wilayah Kabupaten Padanglawas sangat parah dan memperihatinkan. Jadi kemana pajak masyarakat yang selama ini, kata Madayan.


Sementara secara terpisah H. Tondi Roni Tua, S.Sos, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumut, melalui telepon seluler mengatakan agar Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Sumut segera bertindak.


Apalagi di saat menjelang arus mudik lebaran seperti ini, setidaknya menutupi badan jalan yang berlubang. Karena di beberapa titik, bukan hanya aspal hotmixnya habis terkelupas, malah bagaikan kubangan yang siap menunggu mangsa.


Diantaranya termasuk di sepanjang wilayah Kecamatan Hutarajatinggi yang berbatas dengan Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Begitu juga beberapa titik di wilayah Kecamatan Sosa, Sosa Julu dan Kecamatan Barumun.


Serta di wilayah Kecamatan Lubukbarumun, Aeknabara Barumun, juga jalinsum yang berada di wilayah Kecamatan Barumun Tengah hingga batas Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta).


Begitu juga di sekitar Desa Siborna Bunut Kecamatan Sosa Julu dan Desa Bulu Sonik Kecamatan Barumun. Halnya yang sama pada Jalinsum via Kecamatan Sosopan.


Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provsu, Ir. Bambang Pardede, M.Eng melalui Kepala UPTD Gunungtua, Rasuli Siregar, mengatakan, bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan tindakan perbaikan.(BG/PAL)


TRENDINGMore