NEWSSAMOSIR

Tim IESR Audensi ke Bupati Samosir

Rabu, 29 Maret 2023, 06:01 WIB
Last Updated 2023-03-29T23:03:16Z
PJ Sekdakab Samosir Waston Simbolon menerima kunjungan Tim IESR.


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Bupati Samosir yang diwakilkan oleh Pj. Sekda Waston Simbolon didampingi beberapa Pimpinan SKPD menerima audiensi Tim Potensi Energi Terbarukan Provinsi Sumatera Utara bersama Institute for Essential Services Reform (IESR) di Ruang Loby Kantor Bupati Samosir, Selasa (28/3).




Institute for Essential Services Reform (IESR) adalah Lembaga yang bergerak pada bidang Energi dan Lingkungan, mendorong transformasi menuju sistem energi berkelanjutan yang berbasis data dan saintifik untuk membantu Pemerintah dalam pengurangan emisi carbon dan ketahanan iklim.


 


Tim Program Transformasi Energi Rahmat Jes menyampaikan bahwa Tim survey Lokasi sudah memetakan titik-titik lokasi pengembangan potensi energi terbarukan di Kawasan Danau Toba yaitu di Kabupaten Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Karo. “Pemetaan tersebut dilakukan untuk mengetahui potensi yang ada di setiap daerah yang nantinya akan didaftarkan pada platform Kementerian ESDM melalui prosuder yang ditentukan”, ungkapnya.


 


Disampaikan, bahwa Tiga Kabupaten memiliki potensi yang berbeda sesuai dengan kondisi daerah tersebut. Samosir sebagai kawasan yang dikelilingi danau memiliki potensi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang nantinya bisa disalurkan melalui PLN untuk masyarakat yang belum teralir listrik.


 


Bupati Samosir diwakili Pj. Sekda Waston Simbolon menyambut baik kehadiran Tim IESR di Kabupaten Samosir. Diharapkan dengan kehadiran Tim IESR dapat menghasilkan perencanaan pembangunan energi terbarukan di Kabupaten Samosir yang dapat mensejahterakan masyarakat. 


 


“Kabupaten Samosir dikelilingi danau tetapi masih sulit untuk mendapatkan air bersih, semoga dengan kehadiran Tim IESR dapat memberikan solusi untuk penyediaan air bersih dan pemenuhan listrik bagi warga yang belum teraliri listrik khususnya dikawasan dataran tinggi”, pungkasnya.


 


Turut hadir perwakilan Kementerian ESDM Yusak Sitorus, Sekda Karo K. Terkelin Purba beserta rombongan, Pimpinan SKPD Kabupaten Humbang Hasundutan, Staf Ahli Bupati Samosir.

TRENDINGMore