NEWS PENDIDIKANSUMUT

Wali Kota P. Siantar Dan Rektor USU Tandatangani MoU

Rabu, 15 Maret 2023, 09:09 WIB
Last Updated 2023-03-15T02:09:53Z

 

Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani (kiri) dan Rektor USU Muryanto Amin (kanan) menandatangi MoU terkait pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di ruang audiensi Rektor USU Medan.


P. SIANTAR -BERITAGAMBAR : 

Wali Kota Pematangsiantar dan Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.


Penandatanganan MoU antara Wali Kota Susanti Dewayani dan Rektor USU Muryanto Amin berlangsung di ruang audiensi Rektor USU, Kampus USU, Kota Medan, Selasa (14/3).



Menurut Wali Kota, USU memiliki sejumlah keunggulan di antaranya SDM, perangkat kelembagaan yang kuat dan mempunyai kemampuan untuk melakukan kajian serta penelitian.


“Hingga, USU kita harapkan dapat menjadi agen pembangunan bagi pemerintah daerah, khususnya Pematangsiantar,” imbuh Wali Kota. 


Sesuai Undang-undang (UU) Otonomi Daerah (Otda), lanjut lanjut Wali Kota, ada keleluasaan pemerintah daerah dalam meningkatkan SDM. “Tentunya kerjasama antara Pemko dengan USU merupakan langkah strategis untuk membangun kota yang kita cintai.”


Lebih lanjut, Wali Kota yang meraih gelar dokter spesialis anak dari Fakultas Kedokteran USU itu berharap kerjasama itu akan berlanjut dan membawa kebaikan bagi USU dalam mengimplementasikan wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 


“Pemko juga dapat menerima manfaat dengan melibatkan SDM yang ada serta berbagai hal lainnya, hingga kegiatan hari ini merupakan payung hukum buat kami. Ke depannya akan banyak lagi kerjasama yang akan kita lakukan untuk percepatan pembangunan di Pematangsiantar,” imbuh Wali Kota. 


“Semoga pelaksanaan kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan mengimplementasikan sebagaimana seharusnya,” akhir Wali Kota.


Sementara, Rektor USU Muryanto Amin menyambut baik kesempatan untuk bekerjasama dengan Pemko Pematangsiantar dan berharap dapat menindaklanjuti MoU dengan implementasi segera, yang mengawali dengan penandatanganan perjanjian kerjasama.


“Khususnya dengan mengedepankan fakultas-fakultas ataupun program-program studi yang terlibat langsung sebagai mitra kerjasama dalam bidang-bidang yang telah ada kesepakatan serta dapat merumuskan secara mendetail konsep kegiatan berikut pelaksanaan output,” imbuh Muryanto.


Dengan demikian, lanjut Muryanto bisa menyusun mana agenda yang bisa terealisasi segera dan mana yang menyusul kemudian. “Hingga target dan tujuan yang telah ada penetapannya dalam pelaksanaan MoU bisa segera terwujud dengan baik.”


Antara Pemko dan USU, lanjut Muryanto, dapat saling bersinergi dalam mengupayakan dukungan dan fasilitasi penyelenggaraan pembangunan daerah dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Termasuk dalam hal penguatan kelembagaan dan peningkatan kualitas SDM bagi kedua lembaga dan juga mendukung program prioritas pembangunan yang tengah berjalan.


Pada kesempatan itu berlangsung penyerahan cendera mata antara Wali Kota dengan Rektor USU.


(BG/PS)




TRENDINGMore